Advertisement

Hari H Pencoblosan, Gunungkidul Kekurangan 1.044 Surat Suara

David Kurniawan
Rabu, 17 April 2019 - 13:32 WIB
Bhekti Suryani
Hari H Pencoblosan, Gunungkidul Kekurangan 1.044 Surat Suara Ilustrasi surat suara. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Bawaslu Gunungkidul menerima laporan kekurangan surat suara sebanyak 1.044 lembar. Kekurangan ini terjadi di sejumlah TPS yang tersebar di sepuluh kecamatan.

Anggota Bawaslu Gunungkidul, Sudarmanto mengatakan, secara umum pelaksanaan pemilihan berjalan dengan lancar. Namun demikian, di dalam penyelenggaraan ada temuan kekurangan surat suara dikarenakan distribusi yang belum merata.

Advertisement

Berdasarkan laporan yang diterima, kekurangan terjadi di sejumlah TPS yang berlokasi di sepuluh kecamatan. Total kekurangan suara ini merata mulai dari DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, DPD dan Pilpres. “Direkap semua ada 1.044 surat suara yang kekurangan,” kata Sudarmanto kepada wartawan, Rabu (17/4/2019) siang.

Menurut dia, meski ada kekurangan surat suara semua sudah terkondisikan dan tidak mengganggu jalannya pemilihan. Sudarmanto mengatakan, kekurangan ini diambilkan dari TPS yang memiliki kelebihan surat suara. “Tidak sampai menimbulkan penundaan karena pencoblosan tetap dilaksanakan,” ungkapnya.

Anggota KPU Gunungkidul, Andang Nugroho saat dikonfirmasi berkaitan dengan kekurangan surat suara mengatakan, pihaknya sudah melakukan antisipasi. Menurut dia, kekurangan sangat mungkin terjadi, namun kekurangan ini bisa ditutupi dengan diambilkan ke TPS terdekat yang memiliki kelebihan surat suara. “Jadi pemilihan tetap berjalan,” katanya.

Guna mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan dalam proses pemindahan surat suara dari satu TPS ke TPS lain, kata Andang, pelaksanaan harus dituangkan dalam berita acara sehingga ada bukti pelimpahan surat suara antar TPS. “Harus tertuang dalam berita acara. Yang jelas, asalkan masih satu dapil, maka apabila ada kekurangan surat suara di suatu TPS bisa diambilkan kelebihan di TPS yang terdekat,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement