Advertisement

Kelompok Karawitan Wonosari Jadi Juara Umum

Rahmat Jiwandono
Rabu, 24 April 2019 - 10:37 WIB
Sunartono
Kelompok Karawitan Wonosari Jadi Juara Umum Wira Waditara mementaskan komposisi karya Ki Tjokrowarsito Jaya Manggala Gita di Concert Hall TBY, Minggu (21/4/2019). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, WONOSARI--Kelompok karawitan dari Kecamatan Wonosari berhasil menjadi juara umum dalam lomba Festival Karawitan Putri antar kecamatan se-Gunungkidul. Lomba karawitan tersebut digelar di Bangsal Sewokoprojo pada Kamis (18/4/2019) dan Jumat (19/4/2019) lalu.

Sang juara umum berhak memperoleh penghargaan berupa piagam dan piala bergilir Bupati Gunungkidul serta uang pembinaan senilai Rp7 juta. Sedangkan untuk juara dua diraih Kecamatan Karangmojo mendapatkan piala dan uang pembinaan Rp6 juta, juara 3 diraih oleh Kecamatan Semanu mendapat piala dan uang tunai Rp5 juta, juara 4 disabet Kecamatan Panggang mempeorleh piala dan uang tunai Rp 4juta, terakhir juara 5 dari Kecamatan Nglipar mendapat piala dan uang pembinaan Rp3 juta.

Advertisement

Bupati Gunungkidul, Badingah, mengatakan ia memberikan apresiasi kepada pelaksanaan lomba karawitan grup putri se Kabupaten Gunungkidul. Menurut dia, hal tersebut menjadi bagian pelestarian kesenian dan kebudayaan. "Anak-anak muda perlu melestarikan kebudayaan asli Indonesia," ujarnya, Selasa (22/4/2019)

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunungkidul, Agus Kamtono,  mengatakan festival karawitan ini digelar bertujuan untuk melestarikan budaya ditengah perkembangan era digital. Kedepan, pihaknya akan melakukan kolaborasi pemain karawitan yang senior dan junior. "Supaya yang baru bisa belajar dengan yang sudah lama bermain karawitan," ucapnya.

Dia berharap, festival kesenian ini terus berjalan sehingga memiliki tujuan yang lebih baik dalam rangka pelestarian budaya jawa di Kabupaten Gunungkidul. "Kami berharap acara seperti tetap ada terus," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement