Disdikpora Kulonprogo Siapkan Regulasi untuk PPDB

Sejumlah calon peserta PPDB 2018 mengisi formulir untuk mendaftar sekolah, Selasa (3/7 - 2018).Harian Jogja/Uli febriarni
08 Mei 2019 08:57 WIB Fahmi Ahmad Burhan Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, WATES--Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo sedang menyiapkan regulasi terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ini. Setelahnya, Disdikpora akan melakukan sosialisasi.

Kepala Disdikpora Kulonprogo, Sumarsana mengatakan regulasi untuk PPDB saat ini sedang disiapkan. "Regulasi yang mengatur [PPDB] yaitu Raperbup [Rancangan Peraturan Bupati] sedang disiapkan. Saat ini sudah di Bagian Hukum Setda Kulonprogo," katanya pada Selasa (7/5/2019).

Ia mengatakan, dalam membentuk regulasi PPDB pihaknya menjaring masukan dari berbagai elemen. "Dalam membuat perbup, kami merangkul berbagai pihak di tingkat kabupaten. Kami adakan FGD [Forum Group Discussion], mulai dari perwakilan kecamatan, komite sekolah, perwakilan desa, DPRD dan instansi terkait lainnya hadir. Dipaparkan konsepnya, setelah itu akan baru dituangkan di perbup," jelasnya.

Lalu, setelahnya perbup disusun. Ia mengatakan, berbagai evaluasi dari gelaran PPDB tahun lalu akan menjadi catatan tersendiri untuk perbaikan di tahun ini.

Dalam menerapkan sistem zonasi yang juga dilakukan tahun lalu, pihaknya akan memaksimalkan sosialisasi agar orang tua murid bisa mengetahui regulasi yang sudah ada.

Sosialisasi tersebut disampaikan kepada orang tua murid melalui kepala sekolah dan komite sekolah. Menurutnya, sosialiaasi bertujuan agar tidak ada lagi kesalahpahaman orang tua murid dan meminimalisir adanya keluhan dari orang tua murid akibat diterapkannya sistem zonasi di PPDB..

Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati mengatakan Pemkab Kulonprogo harus bisa mengevaluasi kesalahan-kesalahan dalam gelaran pemilu tahun lalu. "Aturannya harus dimatangkan. Sebelum menerapkan sistem zonasi terlebih dahulu harus sosialisasi," ujar Akhid.