Advertisement

Rekomendasi Wisata Lebaran di Bantul

Ujang Hasanudin
Kamis, 06 Juni 2019 - 08:17 WIB
Galih Eko Kurniawan
Rekomendasi Wisata Lebaran di Bantul Bendung Kamijoro.-Harian Jogja - Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Perayaan Idulfitri tak lengkap bila belum berwisata bersama keluarga di libur panjang kali ini. Bantul bisa menjadi salah satu tujuan penting berwisata karena memiliki beragam objek wisata. Berikut ini rekomendasi tempat-tempat wisata di Bumi Projotamansari.

Watu Goyang
Watu Goyang adalah objek wisata yang menawarkan keindahan alam dengan pemandangan dari atas ketinggian sehingga pengunjung dapat menyaksikan wilayah Jogja dan laut selatan dari kawasan Watu Goyang.

Advertisement

Objek wisata ini terletak di Dusun Cempluk Mangunan atau Jalan Imogiri-Mangunan. Untuk menuju wisata ini bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun mobil. Namun untuk bus pariwisata masih belum dianjurkan.

Sejumlah fasilitas yang disediakan adalah lokasi parkir yang luas dan toilet yang bersih. Selain itu juga banyak gajebo yang bisa digunakan untuk berteduh sambil menikmati pemandangan.

Rencananya tahun ini Pemerintah Desa Mangunan akan membangun restoran ala desa di kawasan wisata Watu Goyang. Pengunjung yang masuk tidak dikenakan biaya, kecuali hanya untuk parkir Rp3.000 untuk motor dan Rp7.000 untuk mobil.


Bendung Kamijoro
Bendungan Kamijoro sebenarnya bukan objek wisata. Namun desain bendungan dan suasana sekitat bendungan Kamijoro yang nyaman dan pemandangan menatik membuat wisatawan berdatangan. Setidaknya sejak Februari 2018 Bendungan Kamijoro mulai ramai dikunjungi.

Berlokasi di Dusun Plambungan, Desa Triwidadi, Pajangan. Di kawasan tersebut ada Taman Belanda dan ada jembatan sepanjanh 160 meter yang menghubungkan Bantul dan Kulonprogo di atas Sungai Progo. Ada taman bermain, prasasti bertuliskan Bendung Kamijoro dan toliet di sekitar bendungan.

Tidak ada tiket masuk. Pengunjung hanya dikenakan Rp2.000 sebagai tiket parkir. Setiap akhir pekan pengunjung bisa sampai 3.000an orang ke Bendung Kamijoro. Hanya pengunjung perlu waspada saat melintas jembatan karena kanan kiri jembatan belum berpenutup.


Taman Glugut (Glugut Park)
Taman Glugut merupakan salah satu obbjek wisata yang berlokasi di Desa Wonokromo, Kecamatan Pleret, Bantul. Taman Glugut ini baru dibuka sejak Januari 2018. Taman yang berada di pinggir Kali Opak menawarkan kegiatan penyusuran Sungai Opak.

Namun selain itu suasana sekitar taman yang menawarkan suasana pedesaan cukup nyaman untuk berlibur. Banyak gazebo atau gubuk, play ground, dan terdapat praktek pembuatan perkakas dari tanah liat untuk anak-anak.

Pengelola tidak menarik tiket masuk, kecuali untuk fasilitas perahu air. Untuk menuju objek wisata ini dari Simpang Empat Jejeran atau Jalan Imogiri Timur ke arah selatan, sampai simpang tiga masuk kekiri sudah sampai Taman Glugut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Evakuasi Warga Rafah Butuh Waktu 10 Hari

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement