Advertisement

Gara-Gara Wereng, Hasil Panen Petani Menurun

Fahmi Ahmad Burhan
Minggu, 16 Juni 2019 - 11:17 WIB
Sunartono
Gara-Gara Wereng, Hasil Panen Petani Menurun Ilustrasi hama ulat yang menyerang tanaman bawang merah di Sentolo, Rabu (27/6 - 2018).Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Petani mengeluhkan adanya hama wereng dalam musim tanam dari Maret sampai panen Juni 2019 ini. Adanya hama tersebut membuat hasil panen menurun.

Petani di Dusun Polaman, Desa Argorejo, Kecamatan Sedayu, Paimin mengaku hasil panennya turun dibanding biasanya. "Biasanya dari sawah 350 meter persegi itu bisa sampai dapat lima karung gabah kering, kini hanya dapat tiga karung saja," ujarnya pada Harian Jogja, Rabu (12/6/2019).

Advertisement

Menurutnya, hama wereng menjadi penyebab turunnya produksi padi di lahannya. "Dari pertama tanam itu sudah ada hama wereng. Apalagi kalau hujan terus, malah banyak. Kalau masalah air, kemarin itu cukup lancar," ucap Paimin.

Sebelumnya, hama yang biasa menyerang tanaman padi di Sedayu yaitu tikus. Namun, menurut Paimin, semakin ke sini, tikus semakin jarang. Biasanya, warga melakukan kegiatan gropyokan untuk mengusir tikus dan cukup membuat populasi tikus turun.

Ketua Kelompok Tani Sedyo Makmur, Dusun Polaman, Desa Argorejo, Kecamatan Sedayu, Paino mengatakan untuk menghadapi musim kemarau petani biasanya menjalankan pola tanam. Tidak semua petani menanam padi, tapi sebagian menanam palawija.

"Mudah-mudahan di musim tanam yang akan datang hasil panen bisa lebih baik," katanya.

Menurut Paino tidak hanya hama wereng yang membuat produksi petani di panenan kali ini turun, tapi juga dari adanya hama sundep. Produktivitas hasil panen petani dari panenan kali ini bisa mencapai 7,5 ton per hektar. Sedangkan apabila tidak ada hama, produksi bisa bertambah sampai 15 persennya.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul Pulung Haryadi mengatakan total di Kabupaten Bantul selama panenan kali ini ada 3.000 hektar lahan padi yang panen. Sedangkan produktivitas hasil padi di Bantul bisa mencapai tujuh ton per hektar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement