Sebulan Jelang Iduladha, Harga Kambing & Sapi Mulai Naik

Ternak sapi. - Harian Jogja/Dok
14 Juli 2019 23:37 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Harga sapi dan kambing di Sleman mulai naik sebulan menjelang Iduladha.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Hewan Ambarketawang dan Rumah Potong Hewan, Yuda Andi Nugroho, mengatakan untuk harga sapi kenaikan harga berkisar Rp1 juta hingga Rp2 juta dari harga normal, sedangkan untuk kambing kenaikan berkisar Rp400.000 hingga Rp500.000 dari harga normal.

“Harga bervariasi tergantung dari bobotnya. Kalau berdasar tahun-tahun sebelumnya, kenaikan harga terjadi hingga hari H pelaksanaan Iduladha,” kata dia, Minggu (14/7/2019).

Dia mengatakan penjualan sapi dan kambing mulai meningkat berkisar 5% hingga 10%.

Ia mengatakan, pedagang hewan di Pasar Hewan Ambarketawang, Kecamatan Gamping berjumlah sekitar 70 pedagang dan bakal bertambah mendekati Iduladha. “Biasanya menjelang Iduladha bisa mencapai 100 penjual. Kami juga memiliki dokter hewan yang selalu siap memeriksa kondisi hewan yang mau dijual meskipun tidak menyeluruh,” ucap dia.

Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Sleman, Heru Saptono, jajarannya melakuan berbagai persiapan mulai dari sosialisasi terkait isu antraks dan cara penyembelihan hewan yang benar kepada masyakarat di berbagai desa di wilayah Sleman, khususnya takmir masjid. “Saat Iduladha kami juga menerjunkan sekitar 200 personel di seluruh wilayah Sleman untuk memantau penyembelihan hewan kurban,” kata dia, Minggu.