Advertisement

Desa Beji, Ngawen Gelar Pesona Desa Wisata

Yudhi Kusdiyanto
Selasa, 17 September 2019 - 19:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Desa Beji, Ngawen Gelar Pesona Desa Wisata Pentas kesenian rinding gumbeng yang disajikan dalam acara Gelar Pesona Desa Wisata Beji yang diselenggarakan di Taman Roro Resmi Desa Beji, Sabtu (14/9/2019). - Istimewa/Dokumen Dinpar DIY

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Warga Desa Beji, Kecamatan Ngawen, antusias menyaksikan Gelar Pesona Desa Wisata Beji yang diselenggarakan di Taman Roro Resmi Desa Beji, Sabtu (14/9/2019). Acara diawali dengan senam massal dan dilanjutkan dengan pentas berbagai jenis kesenian tradisional, salah satunya kesenian khas dari Dusun Duren, Desa Beji, yakni rinding gumbeng. Berbeda dengan kesenian lainnya, rinding gumbeng merupakan musim tradisional yang terbuat dari bambu yang dimainkan dengan cara ditiup dan dipukul.

Rangkaian acara Gelar Pesona Desa Wisata Beji juga diisi dengan talkshow bertema Desaku Harapanku dengan menghadirkan sejumlah narasumber dari Dinas Pariwisata DIY, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) dan sejumlah narasumber lain. Talkshow membahas pengelolaan desa wisata yang tidak lepas dari kerja sama berbagai elemen mulai dari kelompok pengelola, kelompok sadar wisata, warga masyarakat, pemasaran, serta pemerintah.

Advertisement

Kepala Desa Beji, Sumarna, menjelaskan desa yang dia pimpin memiliki potensi baik kesenian, budaya maupun kuliner. “Objek wisata yang dikembangkan di antaranya Hutan Wonosadi, Watu Kaca, Watu Gendong dan beberapa objek lain. Objek wisata ini dilengkapi dengan fasilitas berupa homestay.“ ujar Sumarna.

Kabid Kabid Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata DIY, Wardoyo, mengapresiasi masyarakat Desa Beji karena sukses menyelenggarakan acara Gelar Pesona Desa Wisata Beji. Acara yang menampilkan potensi kesenian, kuliner maupun kerajinan tersebut merupakan upaya promosi kepariwisataan desa wisata. “Kami harapkan masyarakat bersama pokdarwis dan segenap pemerintah dapat saling bersinergi dan bekerja sama untuk memajukan desa sehingga nantinya bisa meningkatkan kesejahteraan warga Beji dan sekitarnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BKKBN-TNI AD Kolaborasi Membangun Sumber Air Bersih Guna Turunkan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement