Cegah Penyakit Menular dengan Cuci Tangan

Ilustrasi mencuci tangan. - REUTERS/Mariana Bazo
16 Oktober 2019 14:57 WIB Fahmi Ahmad Burhan Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Beragam penyakit menular bisa disebabkan salah satunya karena masyarakat tidak bisa menjaga kebersihan tangan. Segala aktivitas yang dimulai dari tangan, seperti makan, atau bersentuhan dengan orang lain apabila tidak dijaga akan menimbulkan gangguan kesehatan.

Pada Rabu (16/10/2019) di Kantor Kecamatan Depok, Pemerintah Kecamatan Depok beserta Puskesmas Depok III menggelar Kampanye Hari Cuci Tangan Sedunia. Ratusan anak-anak dari TK se-Depok ikuti kampanye agar bisa dikenalkan budaya cuci tangan sejak dini.

Kepala Puskesmas Depok III, Toto Suharto mengatakan kegiatan yang melibatkan ratusan anak TK itu merupakan bagian dari pencegahan. "Ini diawali dari cuci tangan. Harapannya jadi kebiasaan yang harus dibudayakan," ungkap Toto pada Rabu (16/10/2019).

Sementara menurutnya, di Kecamatan Depok, saat ini akses sanitasi dianggap bagus meskipun Kecamatan Depok merupakan wilayah yang padat penduduk. Akses masyarakat terhadap sanitasi salah satunya untuk cuci tangan pun harus memadai.

Kampanye diberikan pada anak TK merupakan bagian dari peringatan hari cuci tangan sedunia yang jatuh pada Rabu (16/10). Menurutnya, tidak hanya melalui kampanye saja, rapitapi secara berkelanjutan, sosialiaasi terus digencarkan agar cuci tangan bisa membudaya.

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun yang turut hadir dalam kampanye mengatakan penyakit menular penyebab utamanya dari tangan tidak bersih. "Telapak tangan, sela-sela jari, punggung tangan semuanya harus diperhatikan kebersihannya," tuturnya.

Ia mencontohkan, salah satu penyakit yang disebabkan karena tangan yang tidak bersih yaitu diare. Menurutnya, diare juga menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti bagi anak.

"Makanya dalam kampanye kita tekankan agar generasi penerus kita bisa membudayakan gerakan mencuci tangan," tutur Muslimatun. Ia menambahkan, cuci tangan yang baik dilakukan di air yang mengalir, bukan pada air yang menggenang agar bakteri di tangan bisa hilang.