Advertisement

Cegah Penyakit Menular dengan Cuci Tangan

Fahmi Ahmad Burhan
Rabu, 16 Oktober 2019 - 14:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cegah Penyakit Menular dengan Cuci Tangan Ilustrasi mencuci tangan. - REUTERS/Mariana Bazo

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Beragam penyakit menular bisa disebabkan salah satunya karena masyarakat tidak bisa menjaga kebersihan tangan. Segala aktivitas yang dimulai dari tangan, seperti makan, atau bersentuhan dengan orang lain apabila tidak dijaga akan menimbulkan gangguan kesehatan.

Pada Rabu (16/10/2019) di Kantor Kecamatan Depok, Pemerintah Kecamatan Depok beserta Puskesmas Depok III menggelar Kampanye Hari Cuci Tangan Sedunia. Ratusan anak-anak dari TK se-Depok ikuti kampanye agar bisa dikenalkan budaya cuci tangan sejak dini.

Advertisement

Kepala Puskesmas Depok III, Toto Suharto mengatakan kegiatan yang melibatkan ratusan anak TK itu merupakan bagian dari pencegahan. "Ini diawali dari cuci tangan. Harapannya jadi kebiasaan yang harus dibudayakan," ungkap Toto pada Rabu (16/10/2019).

Sementara menurutnya, di Kecamatan Depok, saat ini akses sanitasi dianggap bagus meskipun Kecamatan Depok merupakan wilayah yang padat penduduk. Akses masyarakat terhadap sanitasi salah satunya untuk cuci tangan pun harus memadai.

Kampanye diberikan pada anak TK merupakan bagian dari peringatan hari cuci tangan sedunia yang jatuh pada Rabu (16/10). Menurutnya, tidak hanya melalui kampanye saja, rapitapi secara berkelanjutan, sosialiaasi terus digencarkan agar cuci tangan bisa membudaya.

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun yang turut hadir dalam kampanye mengatakan penyakit menular penyebab utamanya dari tangan tidak bersih. "Telapak tangan, sela-sela jari, punggung tangan semuanya harus diperhatikan kebersihannya," tuturnya.

Ia mencontohkan, salah satu penyakit yang disebabkan karena tangan yang tidak bersih yaitu diare. Menurutnya, diare juga menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti bagi anak.

"Makanya dalam kampanye kita tekankan agar generasi penerus kita bisa membudayakan gerakan mencuci tangan," tutur Muslimatun. Ia menambahkan, cuci tangan yang baik dilakukan di air yang mengalir, bukan pada air yang menggenang agar bakteri di tangan bisa hilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement