Hilangkan Bau, Pedagang Bersihkan Pasar Kranggan

Aksi kerja bakti yang dilakukan petugas DLH Jogja bersama para pedagang di luar Pasar Kranggan, Selasa (12/11/2019). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
13 November 2019 04:57 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Ratusan pedagang luberan belakang Pasar Kranggan menggelar aksi bersih-bersih. Mereka juga sepakat untuk tidak berdagang pada setiap Selasa Legi.

Aksi bersih-bersih tersebut diikuti oleh ratusan pedagang yang ada di luar Pasar Kranggan. Mereka melakukan aksi bersih-bersih mulai dari jalan AM Sangaji hingga jalan Poncowinatan.

Lurah Cokrodiningratan Narotama mengatakan aksi tersebut juga melibatkan petugas kebersihan, mobil pembersih dari Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Damkar Jogja. Selain menjadikan jalan tersebut bersih, kerja bakti dilakukan untuk menghilangkan bau tidak sedap di belakang pasar tersebut.

"Aksi ini dilakukan untuk menjaga jalan dan lingkungan di sekitar terlihat bersih dan tidak berbau. Sempat ada komplain jalan tersebut sangat bau," katanya, Selasa (12/11/2019).

Selain itu, katanya, pada setiap Selasa Legi ratusan pengarang juga sepakat untuk tidak menggelar dagangannya di tepi jalan. "Jadi setiap hari Selasa Legi pedagang tidak boleh berjualan. Mereka akan melakukan bersih bersih, kerja bakti," katanya.

Dia berharap setelah aksi tersebut, pedagang luberan Pasar Kranggan bisa lebih memperhatikan faktor kebersihan dan sanitasi di sekitar lokasi. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan DPU terkait kondisi saluran limbah di sekitar lokasi yang menjadi penyebab timbulnya bau tidak sedap.

"Kami akan berkoordinasi dengan DPU. Akan kami cek apakah ini karena saluran penuh endapan atau tidak," katanya.

Suherni salah seorang pedagang yang ikut kegiatan tersebut mengatakan, kerja bakti tersebut dilakukan oleh pedagang dengan penuh kesadaran. Hal itu dilakukan agar lokasi yang selama ini dijadikan pedagang tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. "Kalau bau nanti orang malas untuk datang. Makanya kami kerja bakti untuk membersihkan lokasi ini," kata penjual daging ayam ini.