Advertisement

Hilangkan Bau, Pedagang Bersihkan Pasar Kranggan

Abdul Hamied Razak
Rabu, 13 November 2019 - 04:57 WIB
Nina Atmasari
Hilangkan Bau, Pedagang Bersihkan Pasar Kranggan Aksi kerja bakti yang dilakukan petugas DLH Jogja bersama para pedagang di luar Pasar Kranggan, Selasa (12/11/2019). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Ratusan pedagang luberan belakang Pasar Kranggan menggelar aksi bersih-bersih. Mereka juga sepakat untuk tidak berdagang pada setiap Selasa Legi.

Aksi bersih-bersih tersebut diikuti oleh ratusan pedagang yang ada di luar Pasar Kranggan. Mereka melakukan aksi bersih-bersih mulai dari jalan AM Sangaji hingga jalan Poncowinatan.

Advertisement

Lurah Cokrodiningratan Narotama mengatakan aksi tersebut juga melibatkan petugas kebersihan, mobil pembersih dari Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Damkar Jogja. Selain menjadikan jalan tersebut bersih, kerja bakti dilakukan untuk menghilangkan bau tidak sedap di belakang pasar tersebut.

"Aksi ini dilakukan untuk menjaga jalan dan lingkungan di sekitar terlihat bersih dan tidak berbau. Sempat ada komplain jalan tersebut sangat bau," katanya, Selasa (12/11/2019).

Selain itu, katanya, pada setiap Selasa Legi ratusan pengarang juga sepakat untuk tidak menggelar dagangannya di tepi jalan. "Jadi setiap hari Selasa Legi pedagang tidak boleh berjualan. Mereka akan melakukan bersih bersih, kerja bakti," katanya.

Dia berharap setelah aksi tersebut, pedagang luberan Pasar Kranggan bisa lebih memperhatikan faktor kebersihan dan sanitasi di sekitar lokasi. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan DPU terkait kondisi saluran limbah di sekitar lokasi yang menjadi penyebab timbulnya bau tidak sedap.

"Kami akan berkoordinasi dengan DPU. Akan kami cek apakah ini karena saluran penuh endapan atau tidak," katanya.

Suherni salah seorang pedagang yang ikut kegiatan tersebut mengatakan, kerja bakti tersebut dilakukan oleh pedagang dengan penuh kesadaran. Hal itu dilakukan agar lokasi yang selama ini dijadikan pedagang tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. "Kalau bau nanti orang malas untuk datang. Makanya kami kerja bakti untuk membersihkan lokasi ini," kata penjual daging ayam ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Paskah, 26.153 Penumpang Naik Turun di Stasiun Wilayah Madiun

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement