Selokan Meluap Genangi Rumah Warga di Desa Siraman Gunungkidul

Warga memantau luapan air di Dusun Tegalsari, Desa Siraman, Kecamatan Wonosari, Senin (24/2/2020) - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi
24 Februari 2020 20:27 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Hujan deras yang mengguyur wilayah Wonosari, senin (24/2/2020) mulai pukul 15.00 WIB hingga 16.30 WIB membuat selokan di Dusun Tegalsari, Desa Siraman, meluap hingga menggenangi rumah warga. Air masuk ke beberapa rumah hingga ketinggian 15 sentimeter.

Salah seorang warga Tegalsari, Agus, 52, mengaku air selokan mulai meluap pukul 16.00 WIB. “Air berasal dari wilayah Desa Karangrejek yang lokasinya lebih tinggi," kata Agus.

Menurutnya, hal itu diperparah dengan kondisi sebagian besar rumah warga yang tak memiliki selokan yang memadai untuk menampung air hujan. Akibat banjir yang terjadi, aktivitas warga terganggu. Air benar-benar surut pukul 18.00 WIB.

Warga lainnya, Muhammad Zaini, 23, menuturkan air membuat dia dan keluarganya kerepotan. Pasalnya, air masuk ke dalam rumahnya hingga mencapai ketinggian 15 sentimeter. "Barang-barang yang ada di lantai langsung diangkat ke atas," kata Zaini.