Advertisement

Cegah Covid-19, Wisata Lereng Merapi sampai Tebing Breksi Ditutup Sementara

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 27 Maret 2020 - 08:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cegah Covid-19, Wisata Lereng Merapi sampai Tebing Breksi Ditutup Sementara Ratusan pengunjung memadati kawasan Tebing Breksi, Minggu (30/12/2018) - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Sejumlah destinasi wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Sleman untuk sementara waktu ditutup. Obyek wisata seperti Kaliurang, Kaliadem dan juga Klangon akan dibersihkan dan disemprot disinfektan.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman Sudarningsih mengatakan destinasi wisata di kaki gunung Merapi untuk sementara tidak menerima kunjungan wisatawan. Selain aksi bersih-bersih dan penyemprotan disinfektan, tiga destinasi wisata tersebut akan dilengkapi dengan fasilitas tempat cuci tangan.

Advertisement

"Fasilitas ini untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan agar tetap menjaga higenitasnya," katanya, Kamis (26/3/2020).

Kebijakan tersebut diambil, lanjut dia, juga mematuhi maklumat Kapolri No.Mak/2/III/2020 di mana salah satunya melarang adanya pengumpulan massa akibat wabah Covid-19. "Adapun jangka waktunya akan menyesuaikan dengan proses pembersihan dan juga pembuatan fasilitas cuci tangan beserta sistem jaringan air bersih yang tentunya juga harus memadahi," kata Ningsih, Kamis. 

Dia menjelaskan, peningkatan fasilitas tersebut untuk minggu ini akan difokuskan pada objek wisata yang dikelola Pemkab. Gardu Pandang Boyong dan Tlogo Putri akan diprioritaskan lebih dahulu.

Hal ini dilakukan agar nantinya pengunjung maupun pelaku pariwisata di Kaliurang lebih merasa aman dalam berwisata saat kembali dibuka. "Kalau dibuka kembali tentu akan kami informasikan kepada masyarakat," katanya.

Dispar juga akan mengarahkan kepada pengusaha penginapan, villa, dan pemondokan untuk membuat kesepakatan bersama terkait prosedur menerima tamu. Misalnya pengusaha penginapan harus melakukan sterilisasi kamar dan ruang dengan disinfektan dan juga menyediakan sabun dan tempat cuci tangan yang memadahi atau hand sanitizer.

"Sehingga pada saat kawasan wisata dibuka kembali akan memberikan rasa aman kepada wisatawan," katanya.

Selain kawasan wisata Kaliurang, katanya, imbauan penutupan sementara destinasi wisata di Sleman juga berlaku untuk destinasi wisata Tebing Breksi dan wahana Lava Bantal. Alasannya pun sama, untuk pembenahan dan penambahan fasilitas cuci tangan bagi wisatawan.

Terpisah, Ketua Asosiasi Perhotelan Kaliurang Heribertus Indiantara mengatakan saat ini pihaknya sedekah menyusun standar operasional prosedur (SOP) terkait prosedur penerimaan tamu di kamar-kamar hotel. "Untuk penyediaan fasilitas cuci tangan dan disinfektan, pastinya diupayakan oleh pengusaha penginapan sendiri," kata pemilik penginapan Omah Jawi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement