Advertisement

Objek Wisata Masih Ditutup, Pintu Masuk Dijaga

David Kurniawan
Selasa, 07 April 2020 - 21:07 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Objek Wisata Masih Ditutup, Pintu Masuk Dijaga Pantai Timang - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul menghentikan seluruh aktivitas pariwisata di Bumi Handayani sejak 24 Maret hingga batas waktu yang belum ditentukan. Namun, di tengah pandemi Corona, Dispar tetap mengantisipasi masuknya wisatawan ke sejumlah objek wisata dengan menempatkan petugas jaga di pintu masuk.

Sekretaris Dispar Gunungkidul, Antonius Hary Sukmono, mengungkapkan penempatan petugas dari Dispar merupakan bentuk antisipasi adanya wisatawan yang nekat berkunjung di tengah imbauan pemerintah untuk sosial distancing untuk menekan penyebaran Corona. "Petugas dari Dinas Pariwisata berjaga selama 24 jam di sejumlah pintu gerbang retribusi objek wisata," kata Hary saat ditemui Harian Jogja, Selasa (7/4/2020).

Advertisement

Selain melarang masuk, wisatawan diberikan imbauan agar tidak melakukan perjalanan wisata ke sejumlah objek wisata di Gunungkidul untuk sementara waktu. Ia memastikan seluruh objek wisata di Gunungkidul ditutup sementara. "Petugas memberikan imbauan, informasi dan pengawasan agar tidak ada wisatawan yang berkunjung selama pandemi Corona," kata Hary.

Secara khusus petugas dari Dinas Pariwisata berjaga dan mengawasi objek wisata pantai, sedangkan di sejumlah kawasan desa wisata diawasi oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis) di masing-masing wilayah.

Pengurus Pokdarwis Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Heru Purwanto, mengungkapkan selama masa pandemi Corona pengelola tetap menjaga dan mengawasi objek wisata, baik penjagaan dari tindak kriminal maupun memberikan informasi dan imbauan kepada wisatawan untuk tidak berkunjung. "Penjagaan kami lakukan selama 24 jam dengan sistem bergiliran," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 44 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement