Dari Kawan untuk Kewan, AFJ Ajak Perhatikan Hewan Terlantar

Dari Kawan untuk Kewan 2
14 Juni 2020 12:02 WIB Galih Eko Kurniawan Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Animal Friends Jogja (AJF) menyuguhkan penampilan Sisir Tanah, Melanie Soebono dan Oppie Andaresta serta tanya jawab kesehatan hewan dengan Merry dari Jakarta Animal Aid Network dalam pentas daring Dari Kawan untuk Kewan #2, Sabtu (13/6/2020).

Manajer Komunikasi AFJ, Anggodaka, mengungkapkan lewat acara itu, penonton yang membeli tiket untuk menonton secara daring, sudah berdonasi untuk membantu penanganan satwa-satwa yang ditelantarkan.

“AFJ mencatat selama masa pandemi ini satwa yang ditelantarkan makin banyak bahkan persentasenya mencapai 60 persen lebih,” ungkapnya kepada Harian Jogja, Sabtu. Hasil donasi acara pada Sabtu malam akan digunakan untuk sterilisasi dan perawatan satwa terlantar di rumah singgah AFJ dan pemberian makan oleh Peduli Kucing Pasar (PKP).

Angga, sapaan akrabnya, berharap AFJ bisa menggalang dukungan untuk membantu satwa yang membutuhkan di situasi yang tidak menentu ini dan mengingatkan kembali ke masyarakat agar tidak melupakan para hewan tidak beruntung yang juga terdampak pandemi.

Dalam pentas itu, Oppie melihat di situasi sekarang ini semua berada dalam kesulitan, terutama dalam sisi ekonomi. Mereka yang memiliki hewan peliharaan, kini lebih memprioritaskan kebutuan diri dan keluarganya.

“Ini [pentas amal] seperti rezeki buat saya, rezeki untuk bersedekah dan beramal. Melakukan sesuatu yang baik, yang mudah-mudahan bermanfaat, bisa berguna buat orang lain, buat makhluk-makhluk hidup lain, terutama hewan peliharaan,” ucapnya.

Merry, yang juga seorang dokter hewan, menuturkan kesejahteraan hewan merupakan prinsip yang wajib dilakukan pemilik hewan sebagai wujud tanggung jawab dan komitmen terhadap hewan peliharaan.

Perencanaan masa depan, termasuk perencanaan darurat terkait dengan wabah ataupun sakit, mesti ada karena hewan-hewan peliharaan juga merupakan anggota keluarga agar tidak ada penelantaran.

Karena itu, hewan terlantar dan hewan jalanan merupakan hewan yang paling terdampak dalam pandemi ini karena kehilangan sumber pakan yang umumnya berasal dari warung makan ataupun orang-orang yang berempati.

Sejauh ini, AFJ telah berhasil mengadopsikan lebih dari 170 satwa yang menjadi korban berbagai kasus kekerasan maupun penelantaran serta mensterilisasi lebih dari 5.000 kucing dan anjing jalanan maupun terdampak. “AFJ saat ini merawat lebih dari 290 anjing dan kucing yang menanti teradopsi, selain terus menjalankan program lainnya,” tutur Angga.