Advertisement

Pembebasan Lahan Pembangunan Gerbang Samudera Ditarget Rampung 2022

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 01 Juli 2020 - 10:07 WIB
Sunartono
Pembebasan Lahan Pembangunan Gerbang Samudera Ditarget Rampung 2022 Suasana sepi damai hari di Puncak Ngepoh yang belum banyak dikunjungi wisatawan. - Dok. Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Pembebasan lahan untuk pembangunan rest area Gerbang Samudra Raksa yang berlokasi di perbatasan Kulonprogo-Magelang, Kalurahan Banjaroya, Kapanewon Kalibawang disebut bakal rampung pada 2022.

"Untuk pembebasan [lahan] nanti akan diselesaikan pada 2022," kata Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kulonprogo Heriyanto, kepada wartawan Selasa (30/6/2020).

Advertisement

Heriyanto menjelaskan, proyek pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum, dan Perumahan Rakyat untuk menunjang Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Candi Borobudur itu sudah berjalan dengan sistem sewa lahan.

BACA JUGA : Gerbang Samudraraksa Akan Dibangun di Kalibawang

Penanggung Jawab (Pj) Lurah Banjaroya, Senija membenarkan proyek pembangunan Gerbang Samudera Raksa sudah dimulai sejak awal tahun ini, sedangkan untuk pembebasan lahan masih dalam proses dan baru akan dituntaskan pada 2022 mendatang.

Hal itu kata Senija, sudah berdasarkan hasil kesepakatan bersama antara pemrakarsa proyek dengan warga pemilik lahan terdampak pembangunan. "Memang dua tahun pertama itu disewa dulu, baru kemudian tahun ketiga dibeli, sudah ada pernyataan sejak awal dari pemilik lahan, dan mereka semua setuju," ujarnya.

Adapun total lahan terdampak untuk pembangunan tersebut seluas 7.035 meter persegi. Tanah itu milik tujuh orang warga Hargorejo dan sisanya merupakan sultan ground.

Senija menjelaskan Kalurahan Hargorejo hanya sebatas membantu proses negosiasi kerelaan lahan. Sementara untuk urusan administrasi sampai dengan pembayaran ganti rugi dilakukan oleh Pemkab.

Pembangunan Gerbang Samudra Raksa sendiri merupakan salah satu program Pemerintah Pusat untuk pengembangan infrastruktur KSPN Candi Borobudur.

Gerbang Samudra Raksa atau juga disebut Gerbang Klangon itu akan difungsikan sebagai rest area bagi wisatawan ataupun masyarakat umum baik dari dan ke Yogyakarta International Airport (YIA) Kapanewon Temon, menuju Candi Borobudur.

Pembangunan rest area yang disebut-sebut bakal menelan biaya hingga Rp27 Miliar itu akan dilengkapi dengan relief dari batu berbentuk Gerbang Klangon dengan tema Samudra Raksa, yang merupakan salah satu kapal kayu bercadik khas Nusantara dengan mempresentasikan kebudayaan bahari purbakala.

Di tempat ini juga akan dibangun areal pedestrian, drainase, pusat kuliner, kios oleh-oleh dan fasilitas penunjang wisata lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

32 Proyek Strategis Bendungan hingga Tol Ditarget Selesai Tahun Ini

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement