Advertisement

Rumah Sakit Ini Dilengkapi Gedung Rawat Inap dengan Fasilitas Homestay

Sunartono
Rabu, 26 Agustus 2020 - 06:17 WIB
Sunartono
Rumah Sakit Ini Dilengkapi Gedung Rawat Inap dengan Fasilitas Homestay Bangsal Nakula Sadewa RS Mata Dr YAP yang didesain seperti rumah tinggal. - Ist/Dr Yap.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Rumah Sakit Mata Dr YAP secara resmi mengoperasikan bangsa Nakula Sadewa pada Selasa (25/8/2020). Uniknya fasilitas bangsal ini dikonsep seperti homestay atau rumah tinggal dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan bagi pasien.

Ketua Umum Yayasan Dr Yap Prawirohusodo GBPH Prabukusumo menjelaskan pembukaan bangsal baru tersebut merupakan hasil renovasi dari bangunan lama. Namun dikonsep berbeda dengan memberikan fasilitas bangsal seperti rumah sebagai tempat tinggal. Tujuannya agar pasien tidak merasakan seperti berada di rumah sakit selama menjalani perawatan.

Advertisement

BACA JUGA : Rumah Sakit Ini Disiapkan Hadapi Lonjakan Pasien Covid-19

“Memang sengaja kami setting seperti rumah supaya pasien tidak merasa seperti di rumah sakit, yang jaga pun demikian disediakan tempat memanjang agar bisa tiduran saat menunggu. Agar lebih nyaman. Tarifnya bervariasi, kalau pasien keberatan bisa mengajukan permohonan akan kami bantu semampu kami,” katanya Selasa (25/8/2020).

Plt Direktur Utama RS Mata Dr Yap Alida Lienawati menambahkan, bangsal rawat inap dengan konsep seperti rumah tinggal tersebut tersedia sebanyak 45 bed. Terbagi dalam beberapa kelas antara lain kelas 3, kelas 2, kelas 1 dan VIP. Selain itu ada ruang VVIP dan suite room masing-masing satu ruangan.

“Inovasi bangsal seperti rumah tinggal ini untuk memberikan rasa nyaman bagi pasien. Kami berupaya meningkatkan layanan kepada pasien umum maupun BPJS,” katanya.

BACA JUGA : Desain Rumah Sakit harus Sejalan Perkembangan Teknologi

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie mengapresiasi inovasi yang dilakukan RS Mata Dr YAP dengan pembukaan bangsal berkonsep rumah tersebut. Ia berharap kerja sama dengan BPJS terus dilaksanakan dengan saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing.

“Bahwa kita [DIY] ini luar bisa [besarnya] dengan penyakit katastropiknya [penyakit berbiaya tinggi], salah satu dampak penyakit katastropik adalah kasus berkaitan dengan kesehatan mata. Kami mengapresiasi atas inovasi ini, kami berharap pelayanan yang diberikan dapat terus meningkat baik secara kuantitas dan kualitas,” katanya.

Pembajun mengingatkan di masa pandemi ini agar rumah sakit tetap melindungi hak tenaga kesehatan. Mengingat kondisi di masyarakat saat ini banyak orang tanpa gejala (OTG) atau asimptomatik, sehingga harus membuat semua pihak menjaga diri. “Karena belakangan ini DIY cukup banyak nakes yang positif Covid-19,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement