Advertisement

PILKADA BANTUL: Baru Satu Lembaga Survei dan Pemantau yang Mendaftar

Jumali
Jum'at, 25 September 2020 - 15:17 WIB
Sunartono
PILKADA BANTUL: Baru Satu Lembaga Survei dan Pemantau yang Mendaftar Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--KPU Bantul mencatat baru ada satu lembaga survei dan lembaga pemantau yang telah mendaftarkan diri sebagai pemantau Pilkada 2020. Padahal, mulai Sabtu (26/9/2020), tahapan pemilu berupa kampanye dari kedua pasangan calon yang maju pada Pilkada, 9 Desember 2020 sudah dimulai.

“Hingga hari ini hanya ada Organisasi Komite Independen Sadar Pemilu (KISP). Artinya, baru satu yang telah mendaftar ke tempat kami,” kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan SDM KPU Bantul, Musnif Istiqomah, Jumat (25/9/2020).

Advertisement

BACA JUGA : Incar Kemenangan di Pilkada Gunungkidul, PDIP Libatkan 8

Menurut Musnif, syarat untuk mengajukan diri sebagai lembaga pemantau sejatinya tidak susah, dan mudah, Mereka yang mengajukan diri sebagai lembaga pemantau adalah  organisasi masyarakat yang sudah terdaftar secara resmi di pemerintah, independen tidak berpihak dan punya sumber dana yang jelas.

“Untuk ketugasannya akan menyesuaikan kesepakatan dengan KPU. Salah satunya adalah terkait dana kampanye dan perhitungan suara nantinya,” lanjut Musnif.

Meski baru ada satu lembaga pemantau, namun Musnif berharap agar tahapan pemilihan lebih mudah diakses masyarakat sehingga menjadi lebih transparan, aman, tertib dan nyaman.

BACA JUGA : LSI Denny JA Minta Pilkada 2020 Tak Ditunda! Ini 7 Alasannya

Ketua Bawaslu  Harlina mengatakan jika pendaftaran lembaga pemantau menjadi domain dari KPU. Sejauh ini, Bawaslu hanya memastikan apakah syarat sebuah lembaga pemantau telah terpenuhi, termasuk pengecekan dan koordinasi lebih lanjut kepada lembaga pemantau pemilihan tersebut.

“Kami akan memastikan lembaga pemantau ini sudah sesuai dengan syarat yang diatur di undang-undang sebagai pemantau," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement