UAJY Lakukan Perubahan Logo, Ini Alasannya

Rektor UAJY Yoyong Arfiadi. - Ist.
08 Oktober 2020 23:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) melakukan perubahan logo serta menetapkan himne dan mars bertepatan dengan Dies Natalis ke-55. Perubahan logo dilakukan untuk semakin memperkuat identitasnya sebagai kampus yang independen.

Rektor UAJY Yoyong Arfiadi menjelaskan logo tersebut telah dilaunching pada 28 September 2020 lalu bersamaan dengan upacara Dies Natalis. Melalui transformasi logo tersebut diharapkan memberikan semangat kepada seluruh akademisi di lingkungan UAJY untuk ikut merubah kebiasaan lama menuju kebiasan baru sesuai perkembangan zaman demi memberikan layanan ke masyarakat.

BACA JUGA : UAJY & MTG Dorong Mahasiswa Berkreasi, Ini Caranya

“Jadi transformasi logo, himne dan mars ini harapannya bisa meningkatkan performa, memperkuat identitas dan nilai UAJY baik secara internal dan eksternal,” terangnya dalam rilisnya Kamis (8/10/2020).

Menurutnya pada 2003 sebenarnya UAJY pernah mengubah visualisasi logo. Upaya itu dilakukan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa UAJY adalah kampus independen dalam penyelenggaraan pendidikan sehingga terbuka bagi siapa saja. Setelah 17 berproses dengan logo tersebut, ia mengakui adanya sejumlah kendala terutama dalam implementasi sebagai sebuah representasi identitas universitas.

“Kami membentuk tim evaluasi logo UAJY untuk melakukan kajian dan rekomendasi terkait persoalan yang dihadapi. Setelah melalui diskusi panjang kemudian membuahkan hasil berupa penyesuaian logo UAJY dengan tidak mengubah filosofi, nilai dan makna yang terkandung dalamnya,” katanya.

BACA JUGA : Perlukah Membeli Rumah? Begini Penjelasan Dosen UAJY 

Wakil Rektor III UAJY Pupung Arifin menambahkan launching himne dan mars secara bersamaan dengan peluncuran logo baru. Keduanya merupakan suatu kekuatan, karena selalu diperdengarkan hampir seluruh acara penting suatu universitas. Transformasi itu sekaligus untuk mempertegas visi melakukan yang di dalamnya terkandung nilai tersebut. Hal ini terkait dengan UAJY sebagai universitas swasta mencerminkan multikultur menghargai keberagaman

“Dengan adanya logo baru ini tentu akan menjadi panduan kepada mahasiswa dalam setiap kegiatan sehingga lebih kuat. Dengan mars baru ada semangat baru sehingga lebih memberikan dorongan kepada mahasiswa. Saat ini harus lebih bisa bersaing di era kurikulum kampus merdeka karena harus terbuka dengan perguruan tinggi yang lain,” katanya.

BACA JUGA : Sudah Lulus, Alumni UAJY Diminta Tetap Jaga Integritas

Hingga memasuki awal tahun akademik 2020/2021 ini UAJY masih melakukan kegiatan kuliah daring karena pandemi Covid-19. Berbagai kegiatan kampus sebagian besar diarahkan untuk aktivitas secara virtual. “Justru pandemi ini menjadi tantangan, ini membuka kesempatan yang sejalan dengan kebijakan merdeka belajar, sehingga dapat membuka kesempatan baru untuk menyelenggarakan daring lintas perguruan tinggi,” kata Wakil Rektor I Sushardjanti.