Advertisement

Antisipasi Erupsi, Warga Lereng Merapi Siaga 24 Jam

Hafit Yudi Suprobo
Selasa, 10 November 2020 - 16:57 WIB
Sunartono
Antisipasi Erupsi, Warga Lereng Merapi Siaga 24 Jam Sejumlah lansia dari lereng Merapi duduk di lokasi pengungsian Balai Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman pada hari Senin (9/11/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, CANGKRINGAN--Warga di wilayah Glagaharjo bersiap hadapi ancaman potensi erupsi Gunung Merapi yang statusnya meningkat menjadi siaga (level tiga) beberapa waktu lalu. Pengalaman saat erupsi 2010 lalu menjadi bekal penting warga guna beradaptasi menghadapi ancaman bahaya Gunung Merapi.

Suroto, 43 warga Kalitengah Kidul, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman mengatakan jika  pada dasarnya warga yang ada di Kalitengah Kidul atau Glagaharjo pada umumnya selalu siap siaga terhadap ancaman potensi erupsi Gunung Merapi.

Advertisement

BACA JUGA : Merapi Erupsi di Tengah Pandemi, Sultan Sampaikan 6 Pesan

"Pada dasarnya kami warga di kawasan rawan bencana III selalu siap siaga," ujar Suroto saat diwawancarai pada Selasa (10/11/2020).

Terlebih, saat Gunung Merapi dinyatakan naik status beberapa waktu lalu menjadi siaga (level tiga), kewaspadaan warga bertambah. Hal tersebut terbukti, sejumlah warga yang masuk kategori kelompok rentan dari Kalitengah Lor mulai mau diungsikan. Bahkan, warga mulai siaga 24 jam.

"Dan dengan status siaga ini kami bertambah kesiapannya. Artinya warga sekarang siaga 24 jam. Dan untuk malam hari warga siap jaga di pos pos ronda yang ada di Kalitengah Kidul. Dengan sistem bergantian. Sore dan malam sampe pagi," ujar tokoh masyarakat di Kalitengah Kidul ini.

Lebih lanjut, upaya evakuasi surat-surat berharga juga sudah dilakukan oleh Suroto dan keluarganya. Hal tersebut dilakukan agar ketika Gunung Merapi sewaktu-waktu erupsi, ia dan keluarganya langsung bisa mengamankan diri beserta surat-surat berharga miliknya.

"Dan warga juga sudah mengamankan surat-surat yang berharga ditempat yang aman," imbuhnya.

BACA JUGA : Merapi Siaga, Awan Panas Belum Muncul

Pengalaman menghadapi erupsi Gunung Merapi pada 2010 silam menjadi pembelajaran yang sangat berharga bagi warga yang ada di Kalitengah Kidul dan Glagaharjo pada umumnya. Warga juga senantiasa diberikan informasi melalui sosialisasi maupun update yang dilakukan oleh BPPTKG dan BPBD Sleman baik secara lisan maupun melalui media sosial.

"Warga sudah pengalaman menghadapi erupsi tahun 2010 silam. Kami juga mendapatkan sosialisasi dari BPPTKG dan dari BPBD sleman dan pamong desa," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Diingatkan untuk Mengelola Isu Perang Iran-Israel dengan Bijak

News
| Selasa, 16 April 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement