Advertisement

Cegah Klaster Covid-19, Ratusan Personel Satpol PP DIY Diterjunkan ke Pasar Beringharjo

Newswire
Jum'at, 13 November 2020 - 14:37 WIB
Nina Atmasari
Cegah Klaster Covid-19, Ratusan Personel Satpol PP DIY Diterjunkan ke Pasar Beringharjo Suasana los pedagang pakaian batik melayani pembeli di Pasar Beringharjo, Jogja, Selasa (16/06/2020). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Upaya pencegahan munculnya klaster COvid-19 di Pasar Beringharjo Kota Jogja dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan menempatkan ratusan personel untuk memperketat penerapan protokol kesehatan di pasar tersebut.

Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad saat dihubungi, Kamis (12/11/2020), menyebutkan pengerahan personel Satpol PP DIY di Pasar Beringharjo menyusul informasi salah satu pedagang keliling di pasar itu yang anggota keluarganya positif terpapar COVID-19.

Advertisement

"Ini perlu kami antisipasi karena dikhawatirkan menjadi klaster baru di Pasar Beringharjo," kata Noviar.

Baca juga: Rawan Terjadi Penularan Covid-19, Perkantoran Harus Ketat Terapkan Protokol Kesehatan

Menurut dia, sebanyak 300 personel Satpol PP DIY telah ditempatkan di Pasar Beringharjo, Jogja mulai pada Kamis (12/11) Pukul 14.30 WIB bersama TNI/Polri.

Mereka ditempatkan menyebar mulai dari sisi depan hingga sisi paling belakang Pasar Beringharjo untuk memastikan kepatuhan penerapan protokol kesehatan para pedagang maupun pengunjung.

"Mereka langsung keliling memastikan pemakaian masker, penerapan jaga jarak, hingga mengecek ketersediaan sarana cuci tangan di pasar itu," kata dia.

Baca juga: Ini Dua Pedukuhan yang Jadi Prioritas Pembayaran Ganti Rugi Tol Jogja-Solo

Noviar mengatakan pengetatan penerapan protokol kesehatan itu akan terus dipantau personel Satpol PP sampai dipastikan tidak ada klaster COVID-19 di pasar yang berlokasi di kawasan Malioboro itu.

"Akan kami lihat apakah kasus itu akan menjadi klaster atau tidak. Kami akan terus koordinasi dengan dinas kesehatan," kata dia.

Kepala Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Jogja Heroe Poerwadi saat dikonfirmasi menyebutkan bahwa antisipasi terkait penyebaran COVID-19 perlu dilakukan karena ada penjual makanan keliling di Pasar Beringharjo yang suami atau kepala keluarganya positif terpapar COVID-19.

"Kepala keluarga ini, sering antar isterinya jualan makanan keliling di Beringharjo. Makannya saat ini, kami juga merencanakan 'screening' juga di Beringharjo," kata Heroe yang juga Wakil Wali Kota Jogja ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement