Advertisement

Sterilkan Jalan Sudirman, PKL Dipindah ke Pasar Pingit & Tak Boleh untuk Parkir

Catur Dwi Janati
Selasa, 08 Desember 2020 - 09:17 WIB
Sunartono
Sterilkan Jalan Sudirman, PKL Dipindah ke Pasar Pingit & Tak Boleh untuk Parkir Proyek pengerjaan penataan kawasan simpang Tugu dan penataan kawasan pedestrian Jalan Jenderal Sudirman mulai dikerjakan/Harian Jogja / Catur Dwi Janati.

Advertisement

Harianjogja.com, JETIS--Proyek pedestrian Jalan Jenderal Sudirman segera rampung. Salah satu perubahan yang bakal terjadi pasca proyek rampung yakni ditatanya Pedagang Kaki Lima (PKL) di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman.

Camat Jetis, Sumargandi menegaskan rencananya PKL di sepanjang Jln. Jenderal Sudirman kawasan Jetis akan dipindahkan ke tempat baru. Pihaknya sudah bekerja sama dengan Disperindag untuk memindahkan sejumlah PKL ke pasar. "Kami sudah kerja sama dengan Disperindag, itu akan kita pindahkan ke Pasar Pingit rencananya begitu," jelas Sumargandi pada Senin (7/12/2020).

Advertisement

BACA JUGA : Proyek Pedestrian Jalan Jenderal Sudirman Jogja Dikebut

Berdasarkan catatan Sumargandi, ada sebanyak 27 PKL yang bakal dipindahkan. Akan tetapi tak semua PKL mau menerima tawaran Kemantren Jetis direlokasi ke Pasar Pingit.

"Kemari data ada sekitar 27 PKL. Hanya saja tidak semuanya ke sana, juga ada yang sudah nyari tempat sendiri. Sementara kemarin sudah ada yang daftar kita tampung dulu namti kita komunikasikan dengan Disperindag Kota Jogja," terangnya.

"Ini kemarin baru lima yang masuk untuk pendaftaran, sudah mengumpulkan KTP juga. Rencananya [mendapatkan] los masing-masing. Nanti setelah mendekati kita komunikasikan lagi dengan Disperindag untuk penempatannya. Sisanya mereka mungkin mencari tempat sendiri menyesuaikan yang mereka inginkan, yang jelas bukan di tempat larangan, intinya camat sudah memfasiltasi kalau tidak berkenan silahkan mencari tempat lainnya. Kemarin ridak ada yang keberatan mudah-mudahan nanti berjalan lancar," tutur Sumargandi.

BACA JUGA : 26 PKL di Jalan Jenderal Sudirman Jogja Bakal Digusur Demi 

Selain PKL, beberapa lokasi parkir pun juga ditertibkan. Sumargandi menyebutkan pihaknya telah memberikan sosialiasi kepada jukir bila kedepannya kawasan Jln. Jenderal Sudirman tidak boleh dipakai untuk pakir. Sejauh ini sosialisasi telah dilakukan Kemantren Jetis pada November dan Desember.

"Sudah di komunikasikan PKL dan parkir di sekirar sini bahwa nanti tidak boleh parkir disini, dialihkan ke tempat lain. Rencananya kita baru ancang-ancang komunikasi dengan pasar juga di depan Kranggan lokasi untuk parkir dan di belakang pasar. Selain itu Kebon Ndalem asli yang Balai Kampung itu kalau bisa kerja sama dengan kampung untuk dikelola parkirnya di sana kalau sudah jadi tidak boleh parkir," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement