Advertisement

Muhammadiyah: Islam Junjung Tinggi Kemanusiaan

Sirojul Khafid
Kamis, 10 Desember 2020 - 17:37 WIB
Budi Cahyana
Muhammadiyah: Islam Junjung Tinggi Kemanusiaan Ilustrasi HAM - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Islam adalah agama yang menghormati laki-laki dan perempuan, segala kebebasan yang menjadi hak manusia sebagai insan yang diciptakan mulia, serta menghormati hidup bersama. Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir, seluruh hal itu merupakan upaya saling menyelamatkan di dalam bagian dari hifdun nafs (menjaga jiwa manusia).

“Islam merupakan agama yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dengan hak dasar hidupnya. Islam meletakkan manusia fii akhsani taqwim [dalam bentuk yang sebaik baiknya] dalam semulia-mulianya penciptaan,"  kata Haedar dalam keterangan tertulis terkait dengan peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional pada Kamis (10/12/2020).

Advertisement

Menurutnya, saat ini masih ada berbagai kelemahan dalam praktik penegakkan HAM di Indonesia. Hal ini menjadi kewajiban seluruh rakyat Indonesia dalam berkomitmen menjalankan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

Di sisi lain, penerapan HAM juga perlu kesadaran untuk tidak mencederai dan menganggu serta merugikan hak asasi pihak lain.

“Keadaban, keadilan, etika, kemulian hidup dan nilai-nilai luhur yang ada dalam agama yang hidup di negeri ini, dalam Pancasila dan kehidupan luhur bangsa harus menjadi pembingkai kita menegakkan HAM.  Negara juga harus tetap menghormati dan terus meningkatkan berbagai jaminan konstitusional agar setiap warga negara sebagaimana dijamin oleh konstitusi dapat hidup sesuai dengan prinsip HAM,” kata Haedar.

Haedar mengatakan Indonesia merupakan refleksi HAM yang terbangun dari kerangka kehidupan kolektif berbasis agama, Pancasila dan nilai-nilai luhur bangsa. "Dalam pesan Islam melahirkan tata hubungan HAM dan relasi antar bangsa yang rahmatan-lil alamin,” ujar Haedar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement