Advertisement

Pilihan Lurah Serentak di Gunungkidul Digelar Oktober 2021, Tak Pakai E-Voting

David Kurniawan
Senin, 15 Februari 2021 - 13:17 WIB
Budi Cahyana
Pilihan Lurah Serentak di Gunungkidul Digelar Oktober 2021, Tak Pakai E-Voting Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul menetapkan jadwal pemilihan lurah serentak pada Oktober 2021. Rencananya pemilihan dilaksanakan di 58 kalurahan.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemerdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul M Farkhan mengatakan sudah mulai menyusun tahapan untuk pilihan lurah secara serentak, dimulai dengan pembentukan panitia di tingkat kabupaten dan dilanjutkan rapat koordinasi dengan kalurahan yang menggelar pilihan lurah serentak.

Advertisement

BACA JUGA: Libur Imlek, Kunjungan Wisata ke Sleman Meningkat

“Total ada 58 kalurahan yang menyelenggarakan pilihan lurah di tahun ini,” kata Farkhan, Senin (15/2/2021).

Pemkab bersama-sama dengan anggota DPRD sudah membentuk Perda No.7/2020 tentang Lurah. Aturan ini disusul peraturan bupati sebagai pentunjuk teknis didalam pelaksanaan. “Untuk tanggal pasti pencoblosan menyusul,” katanya.

Pemkab sudah mengalokasikan sekitar Rp3,3 miliar yang dimasukan dalam APBD 2021. Rencananya dana ini diberikan dalam bantuan keuangan khusus untuk menyukseskan penyelenggaraan pilihan lurah di 58 kalurahan.

Di awal pembahasan Perda tentang Lurah, sempat ada wacana menggunakan e-voting dalam pemilihan di tahun ini. Namun, ide tersebut terpaksa belum bisa direalisasikan karena mengingat kondisi kemampuan keuangan yang dimiliki daerah. “Belum jadi karena terkendala anggaran dan sarana prasarana pendukung untuk pelaksanaan pemilihan elektronik,” katanya.

BACA JUGA: Diduga Kena Corona, Dukuh di Bambanglipuro Dimakamkan dengan Standar Covid

Ketua Komisi A DPRD Gunungkidul, Ery Agustin S mengatakan bisa menerima apabila e-voting belum bisa diterapkan dalam penyelenggaraan pilihan lurah di tahun ini. “Memang butuh persiapan yang lebih khususnya terkait dengan sarana pendukung,” katanya.

Meski demikian, dia meminta kepada pemkab tetap fokus dalam penyelenggaraan pilihan secara serentak di tahun ini. Ery juga berharap agar segera ada sosialisasi terkait dengan penyelenggaraan pemilihan itu. “Minimal sosialsiasi dilakukan di 58 kalurahan yang akan menyelenggarakan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement