Advertisement

Puluhan Kendaraan Dipaksa Putar Balik di Tempel

Lugas Subarkah
Kamis, 06 Mei 2021 - 15:07 WIB
Budi Cahyana
Puluhan Kendaraan Dipaksa Putar Balik di Tempel Sejumlah petugas gabungan menghentikan dan memeriksa kendaraan di Pospam Tempel, Kamis (6/5/2021). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Puluhan mobil dari arah Magelang yang hendak memasuki wilayah DIY melalui Tempel, Sleman, harus putar balik lantaran tidak memenuhi persyaratan perjalanan, Kamis (6/5/2021).

Penyekatan hari pertama larangan mudik di Pospam Tempel berlangsung pada pukul 09.15WIB-10.30 WIB. Sejumlah mobil diperintahkan menepi dan masuk ke lokasi pemeriksaan. Namun tidak semua kendaraan, beberapa mobil dan semua motor tetap diloloskan.

Advertisement

BACA JUGA: Puluhan Mobil Berpelat Luar DIY Boleh Masuk Jogja, Ini Alasannya

Kapospam Tempel, Iptu Sanika, mengatakan pemeriksaan dilakukan kepada kendaraan roda empat yang bernomor polisi selain AB dan AA Magelang. "Ada sekitar 30 kendaraan yang diputarbalikkan,” ujarnya.

Mobil dengan nopol AB dan AA Magelang bisa lolos tanpa pemeriksaan karena menurutnya masih ada toleransi. Sementara mobil dengan nopol selain itu harus menunjukkan surat tugas dan surat bebas covid-19.

"Plat B, Bogor, Bandung kami putarbalikkan. Tapi kalau mereka yang selain Jogja maupun Magelang mungkin ada perjalanan dinas dilengkapi surat-surat kesehatan rapid antigen atau PCR dan surat dinas kami persilakan," ungkapnya.

Kendaraan yang diputarbalikkan, kata dia, ada yang tujuannya mudik tetapi ada juga yang memang memiliki kegiatan khusus di Jogja. Namun, para penumpang tidak membawa kelengkapan persyaratan sehingga tetap disuruh putar balik.

Penjagaan hanya dilakukan di jam tertentu secara acak, sebanyak tiga kali dalam sehari. Adapun di jalur alternatif, penjagaan dilakukan di sekitar Pasar Tempel, mengantisipasi jalur alternatif di Turi.

BACA JUGA: Endus Banyak Kejanggalan, JPW Minta Kasus Sate Beracun Diambil Alih Mabes Polri

Meski demikian, penjagaan di jalur alternatif ini juga tidak dilakukan setiap saat. Dari pantauan Harian Jogja, sepanjang jalur tersebut tidak terlihat adanya penjagaan polisi maupun petugas gabungan lainnya.

Kapospam Prambanan, Iptu Hariyanto, mengatakan penjagaan di Pospam Prambanan berlangsung selama 1,5 jam mulai dari puk 08.15 WIB. Dari penyekatan tersebut, sebanyak 50 kendaraan diperiksa, enam disuruh putar balik.

Pospam Prambanan juga sudah melaksanakan penyekatan pada Kamis (6/5) dini hari, yakni pukul 00.00 WIB-01.00 WIB, dengan hasil 45 kendaraan diperiksa, 17 diputarbalikkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement