Advertisement

Dishub Kota Jogja Sempurnakan Sistem Giratori Malioboro Jelang Lebaran

Yosef Leon
Selasa, 11 Mei 2021 - 18:37 WIB
Budi Cahyana
Dishub Kota Jogja Sempurnakan Sistem Giratori Malioboro Jelang Lebaran Sejumlah pengunjung berjalan di kawasan Malioboro pada saat uji coba Malioboro bebas kendaraan bermotor, Rabu (11/11/2020). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di kawasan Malioboro pada Lebaran nanti. Sistem giratori (berlawanan jarum jam) satu arah telah disempurnakan di simpang Kleringan menuju Kotabaru atau Malioboro sehingga jalurnya sudah dibuat terpisah.

Kepala Dishub Kota Jogja,Agus Arif Nugroho mengatakan pada setiap Lebaran kawasan Malioboro dan sekitarnya selalu padat dan penuh dengan antrean kendaraan. Sistem giratori satu arah di kawasan itu mesti disempurnakan seperti yang dilakukan di simpang Kleringan tersebut.

Advertisement

BACA JUGA: Pesan Sultan Jogja Sebelum Lebaran: Boleh Silaturahmi Asalkan Syarat Ini Dipenuhi

"Kami antisipasi manajemen lalu lintas dan kawasan Malioboro dengan sistem satu arah yang sudah disempurnakan yang di simpang Kleringan. Jadi sekarang mau ke Kotabaru dan Malioboro sudah terpisah, trafic light-nya juga sudah kami atur. Semoga kalaupun ada peningkatan mudah-mudahan Malioboro aman," katanya, Selasa (11/5/2021).

Dishub bersama petugas gabungan juga akan melakukan pemantauan di sirip-sirip Malioboro dan kawasan lain yang kerap dijadikan sebagai tempat parkir dadakan.

"Ini salah satu upaya agar tidak terjadi kepadatan lalu lintas yang nantinya seakan-akan Jogja itu macet. Padahal macetnya itu diakibatkan oleh perilaku orang yang parkir sembarangan atau parkir ilegal," katanya.

Selain itu, jawatannya juga akan menindak parkir ilegal yang biasanya menjamur di kawasan Malioboro pada malam hari. Kawasan parkir ilegal dan juga pengelola yang menetapkan tarif tidak sesuai ketentuan akan ditindak tegas oleh petugas gabungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement