Dinkes Bantul: Jumlah Testing Tergantung Kontak Erat

Ilustrasi. - Freepik
21 Mei 2021 07:57 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Dinas Kesehatan Bantul mengacu pada jumlah kasus kontak erat dalam melakukan testing. Peningkatan testing akan dilakukan berbanding lurus dengan peningkatan kontak erat sesuai kriteria.

Kepala Dinkes Bantul, Agus Budi Raharjo pada Kamis (20/5) menjelaskan testing kontak erat kasus Covid-19 tetap berjalan seperti biasa pascalebaran. "Jadi testing itu kan dilakukan sesuai kriteria kontak erat," katanya.

BACA : Gencar Lakukan Testing, Penyebab Bantul Masuk Zona 

"Ya semua kontak erat kita testing, mau lebaran, mau puasa, mau hari apa pun kita testing. Kita tidak pernah mengendorkan testing dan tidak kemudian menambah testing tanpa alasan," ucapnya.

Kontak erat yang memenuhi kriteria testing akan menjalani pemeriksaan Covid-19 berapa pun jumlahnya. "Mau lima, mau 10, mau 100, mau 200 sesuai dengan apa adanya," ujarnya.

"Selama ini kan testing kan dilakukan masing-masing Puskesmas untuk swab, kita kirimkan sampelnya. Itu kan rata-rata kita sepekan bisa 700-1000 tes. Sebetulnya kalau mau tes itu kita mampu banyak, karena Puskesmas bisa melakukan swab," imbuhnya.

BACA JUGA : Begini Penjelasan Satgas Covid-19 Kota Jogja Terkait PSBB

Adapun pemeriksaan rata-rata 150 sampel per hari karena situasi kasus di lapangan. "Intinya itu sesuai status kasus konfirmasi kemudian kontak erat yang terdeteksi kita swab," tandasnya.