Advertisement

Gunung Merapi 10 Kali Keluarkan Lava Pijar ke Barat Daya

Newswire
Selasa, 01 Juni 2021 - 09:27 WIB
Nina Atmasari
Gunung Merapi 10 Kali Keluarkan Lava Pijar ke Barat Daya Awan Panas Guguran Gunung Merapi terlihat dari wilayah Condongcatur, Depok, Sabtu (27/3/2021) pagi. - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement


Harianjogja.com, SLEMAN- Aktivitas Gunung Merapi dalam periode pengamatan Senin (31/5/2021) pukul 00.00 WIB - 24.00 WIB teramati sejumlah guguran lava dari puncak Merapi. Seluruh guguran lava itu masih menuju ke arah barat daya.

"Teramati 10 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 1.000 meter ke arah barat daya," ujar Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/6/2021).

Advertisement

Dalam periode pengamatan sehari atau 24 jam tersebut visual Gunung Merapi juga terlihat jelas. Asap kawah tidak teramati ada di puncak kawah.

Meski belum terlihat kembali luncuran awan panas guguran dalam periode tersebut, tetapi sejumlah kegempaan juga masih terus terjadi dari Gunung Merapi.

Baca juga: Jubir Menhan Sesalkan Pembocor Dokumen Perpres Alpalhankam

"Untuk kegempaan ada kegempaan guguran sebanyak 101 kali, hembusan 8 kali dan hybrid atau fase banyak sejumlah 15 kali serta vulkanik dangkal dan tektonik jauh masing-masing 1 kali," tuturnya.

Sementara itu dalam periode pengamatan terbaru atau tepatnya pada Selasa (1/6/2021) pukul 00.00 WIB - 06.00 WIB tidak teramati adanya luncuran awan panas guguran yang muncul. Sejumlah guguran lava yang biasa muncul juga tidak tampak keluar dari puncak Merapi.

"Hanya visual gunung terlihat jelas. Asap kawah juga tidak di atas puncak kawah," ungkapnya.

Meski tidak ada kemunculan dari awan panas guguran atau lava dalam periode pengamatan 6 jam tersebut. Sejumlah kegempaan masih tetap terus terjadi.

Baca juga: Wisatawan Gagal Kunjungi Petilasan Mbah Maridjan karena Diwajibkan Naik Jip

Mulai dari kegempaan guguran sejumlah 21 kali, lalu ada embusan 4 kali, serta hybrid atau fase banyak sejumlah 3 kali.

Hanik menambahkan potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Kali Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 km. Sementara potensi bahaya pada sektor tenggara yaitu sungai Gendol sejauh 3 km.

Sedangkan untuk kemungkinan jika terjadi lontaran material vulkanik saat terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak.

"Untuk yang berada di luar potensi daerah bahaya saat ini kondusif untuk beraktivitas sehari-hari," imbuhnya.

Selain itu kegiatan penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III juga tetap direkomendasikan untuk dihentikan sementara waktu.

Ditambah dengan imbauan kepada pelaku wisata agar tidak melakukan kegiatan wisata di KRB III Gunung Merapi termasuk kegiatan pendakian ke puncak dalam kondisi saat ini.

Perlu diketahui juga hingga saat ini, BPPTKG masih menetapkan status Gunung Merapi pada Siaga (Level III). Jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, maka status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement