Pameran Seni Akara di DPD PDIP DIY, Megawati: Kebudayaan Merupakan Esensi Trisakti Bung Karno

Sejumlah karya yang ditampilkan dalam pameran seni bertajuk AKARA di kantor DPD PDIP DIY. Pameran itu akan berlangsung hingga 30 Juni mendatang dengan menampilkan 78 karya lukis dalam rangka Bulan Bakti Bung Karno. Harian Jogja - Yosef Leon.
06 Juni 2021 11:27 WIB Yosef Leon Jogja Share :

Harianjogja.com, JETIS - Sedikitnya 78 lukisan hasil kreativitas dari puluhan seniman ditampilkan dalam pameran seni rupa bertajuk AKARA yang digelar oleh DPD PDIP DIY di kantor partai setempat.

Pameran yang berlangsung pada 5-30 Juni itu diikuti oleh seniman lintas daerah diantaranya Jogja, Malang, Sorong, Bandung, Bali, Wonosobo, Solo, dan lainnya. Karya-karya tersebut merupakan goresan tangan dari Nasirun, Butet Kertaradjasa, Putu Sutawijaya, Budi Ubrux, Melodia, Sigit Santoso, dan Hadi Susanto.

BACA JUGA : Kader PDIP Harus Bantu Penanganan Corona

Pameran dibuka oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri secara daring pada Sabtu (5/6/2021). Hadir dalam kesempatan itu yakni Sekretaris Kabinet RI, Pramono Anung Wibowo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Basuki Hadimuljono. Ikut juga Wakil Gubernur DI Yogyakarta, Sri Paku Alam X, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, pengurus partai, dan sejumlah kader.

Dalam sambutannya Megawati mengungkapkan, kegiatan ini meskipun diadakan di DPD PDIP DIY, namun skala kegiatannya telah bersifat nasional. Hal ini sejalan dengan instruksi yang diberikannya kepada seluruh kader Partai untuk terus memerkuat jati diri Indonesia yang berkepribadian dalam kebudayaan.

"Bahwa itu sebagai salah satu esensi pokok Trisakti yang digagas oleh Bung Karno sebagai jalan pembumian ideologi bangsa,” katanya.

Dia menerangkan, dalam berpolitik para kader harus mengedepankan keseluruhan aspek kebudayaan bangsa. Bahwa berpolitik itu harus menyentuh elemen yang paling hakiki tentang rasa, imajinasi, dan daya cipta yang terus meperkuat aspek kemanusiaan.

"Di Jogja, kita bisa mengambil nilai kehidupan bahwa berpolitik itu mewayu hayuning bawana," tambah Megawati.

Ketua DPD PDIP DIY, Nuryadi mengatakan, pameran seni rupa AKARA merupakan rangkaian dari kegiatan bulan bakti Bung Karno. Sebelumnya pihaknya telah menggelar serangkaian pra event dengan menampilkan berbagai acara termasuk melukis bareng on the spor serta berbuka puasa bersama.

BACA JUGA : Rakerda PDIP DIY Gelorakan Desa Kuat Indonesia Maju

"Kami berterima kasih atas keterlibatan semua pihak dalam menyukseskan acara ini," kata Nuryadi.

Wakil Gubernur DIY, Sri Paku Alam X yang hadir mewakili Gubernur Sri Sultan Hamengkubowono X dalam pidatonya mengatakan, pihaknya mendukung langkah PDIP yang mengemas peradaban melalui karya seni. Hal ini merupakan pendekatan kultural ideal yang mengembangkan rasa kebangsaan.

"Bung Karno pernah menyatakan bahwa 'aku bersyukur karena dilahirkan dengan perasaan halus dan rasa seni. Bagi beliau, karya seni bukan sekedar hiburan semata, tapi merupakan bagian perjuangan dan esensial dari nation building," kata Sri Paku Alam X.

"Kami berterima kasih terpilihnya Yogyakarta sebagai lokasi pameran seni rupa ini. Kreativitas masyarakat Yogyakarta terpancar dari karya seni dan budayanya. Selamat melaksanakan pameran," pungkas Sri Paku Alam X.