Pembangunan Pendopo Parasamya Capai 50 Persen

Progres pembangunan Pendopo Parasamya Kompleks Kantor Bupati Bantul pada Kamis (2/9/2021). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati
03 September 2021 03:17 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Renovasi Pendopo Parasamya Kompleks Kantor Bupati Bantul terus berprogres. Konstruksi atap yang berkarat dan membahayakan warga bakal diganti.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Bantul Bobot Ariffi Aidin pada Kamis (2/9/2021) menjelaskan perbaikan Pendopo Parasamya dilakukan menyusul kondisi bangunan yang membahayakan. Konstruksi bagian atas pendopo didapati telah berkarat dan membahayakan orang di dalam pendopo.

"Jadi untuk Pendopo Parasamya itu sebenarnya kalau umur bangunannya sudah lebih dari 25 tahun. Kemudian alhamdulillah waktu ada gempa tidak ada masalah. Namun kemarin terakhir kita cek banyak sudah karatan di konstruksi atasnya," tuturnya.

Baca juga: Satgas: Jangan Berpuas Diri! Kasus Covid-19 Hari Ini Masih 2 Kali Lonjakan Januari

Penyebab karat, menurutnya karena di dalam konstruksi atap banyak burung dan kelelawar. "Sehingga pipisnya kelelawar itu memacu untuk segera berkarat. Sehingga kita cek sangat mengkhawatirkan, sehingga tahun ini diprogramkan untuk pergantian atap," jelasnya.

"Saat ini pembangunan sekitar 40-50 persen. Karena baja sudah naik, jadinya kira-kira sudah sekitar 50 persen. Desember mudahan-mudahan sudah selesai nanti," tandasnya.