Advertisement

Wig Buatan Warga Binaan Rutan Wates Tembus Pasar Internasional

Hafit Yudi Suprobo
Selasa, 21 September 2021 - 15:07 WIB
Budi Cahyana
Wig Buatan Warga Binaan Rutan Wates Tembus Pasar Internasional Warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas II B Wates didorong untuk tetap produktif meskipun berada di dalam jeruji besi. Pembuatan wig menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh WBP. - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas II B Wates didorong tetap produktif meskipun berada di dalam jeruji besi. Pembuatan wig menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh para narapidana. Bahkan, wig buatan WBP penjara atau Rutan Wates telah diekspor ke sejumlah negara.

Kepala Rutan Kelas II B Wates Deny Fajariyanto mengatakan pembuatan wig yang dilakukan oleh WBP merupakan upaya pemberdayaan yang dilakukan oleh jawatannya. WBP didorong agar memiliki keterampilan dan keahlian lain sebagai bekal kembali ke masyarakat manakala sudah dinyatakan bebas.

Advertisement

BACA JUGA: Tengkorak & Kerangka Seperti dalam Posisi Ritual Tapa Pendem Ditemukan di Pantai Parangkusumo

"Dalam pembuatan wig, kami bekerjasama dengan PT Sung Chang Indonesia. Pengolahan wig keriting Butterfly hingga saat ini menjadi produk unggulan di Rutan Wates. Selama masa pandemi ini, pembuatan wig masih terus berjalan bahkan mengalami peningkatan produksi," ujar Deny, Selasa (21/9/2021).

Setiap hari WBP dapat menghasilkan sekitar 100 buah wig keriting Butterfly. Bahkan, selama masa pandemi dan diberlakukannya PPKM berjenjangm produksi wig justru mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

"Hingga saat ini produksi wig mengalami peningkatan cukup tajam. Bahkan, mencapai 400 wig per harinya. Wig hasil karya WBP tersebut akan diekspor ke luar negeri oleh PT Sung Chang Indonesia setelah finishing. Produksi wig PT Sung Chang Indonesia Kulonprogo cukup diminati di pasar luar negeri terutama pasar Eropa, Amerika dan Jepang," kata Deny.

Dari bimbingan kerja ini, selain mendapatkan keterampilan para WBP juga mendapatkan upah atau premi yang diberikan setelah penyetoran hasil wig yang telah dilakukan proses pengeritingan. Premi ini diberikan baik kepada WBP yang bersangkutan secara cashless (BRIZZI) atau keluarga dari WBP.

"Kegiatan ini tentunya memberikan semangat bagi WBP. Meskipun di tengah pandemi Covid-19, WBP masih tetap produktif, kemampuan kreativitas WBP mampu dikelola dengan baik dan tepat guna," kata Deny.

Deny menambahkan selama ini WBP yang ada di Rutan Wates telah diberi berbagai macam keterampilan, seperti menjahit, pertukangan, cukur rambut, dan mengelola lahan pertanian. "Butuh lebih dari keterampilan untuk bisa bertahan di dunia kerja, apalagi di tengah pandemi saat ini, persaingan menjadi lebih kompetitif," kata Deny.

BACA JUGA: Kronologi Penganiayaan Pakai Kotoran Manusia antara Napoleon Bonaparte Vs Muhammad Kece

Salah satu warga binaan Rutan Kelas II B Wates Dwi Kuncoro, 38, mengatakan program pembinaan yang dilakukan oleh Rutan Wates mampu memberikan kontribusi baik untuk dirinya sendiri maupun keluarga.

"Hasil dari kegiatan ini saya mendapatkan premi yang bisa saya gunakan untuk keperluan sehari-hari selama di rutan serta dapat saya kirimkan ke keluarga. Saya merasa bangga karena hasil wig yang saya buat diekspor keluar negeri," imbuhnya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada petugas Rutan Wates karena telah membekali saya dengan ketrampilan ini sehingga nantinya dapat saya gunakan ketika saya sudah bebas," kata pria yang tersandung kasus penggelapan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 8 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Tangkap 300 Demonstran Pro Palestina di New York

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement