Sempat Ramai Ditonton Warga Saat Viral, Lokasi Wajan Raksasa di Bantul Kini Sepi

Warga berfoto di depan wajan peninggalan zaman Belanda pada Jumat (3/9/2021). - Harian Jogja/ Catur Dwi Janati
04 Oktober 2021 06:17 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Temuan benda kuno menyerupai wajan di Padukuhan Kretek, Jambidan, Banguntapan yang dulu sempat menghebohkan kini mulai mereda. Wisatawan yang sebelumnya meramaikan lokasi wajan, kini mulai berangsur mereda. Pengawasan prokes di titik rawan kerumunan terus diperketat.

Berdasarkan pantauan Panewu Banguntapan, I Nyoman Gunarsa menyampaikan penerapan prokes masyarakat Banguntapan makin membaik. Gunarsa pada Munggu (3/10/2021) menyebutkan lokasi wajan yang sebelumnya ramai di datangi wisatawan kini berangaur kondusif.

"Wajan itu di hari Minggu kemarin tidak seantusias dulu kondisi masyarakat yang melihat wisata. Jadi sudah mulai sepi, mulai menurun banyak. Kayaknya iya penasarannya mulai turun. Karena orang itu kalau melihat cuma sekali, sekali lihat sudah," ujarnya.

Baca juga: Tingkat Hunian Hotel di DIY Melesat Tajam

Tidak hanya wajan, potensi kerumunan lainnya seperti kafe-kafe juga terkondisikan. Gunarsa yang pada malam Minggu melakukan pemantauan wilayah hingga tengah menemukan penerapan prokes cukup kondusif khususnya jam malam.

"Untuk kafe beberapa sudah mulai buka dengan tetap edukasi. Protokol kesehatannya harus dijaga dengan ketat, terutama kepada pemilik kafe. Beberapa titik di Serowajan, di Banguntapan paling banyak di situ. Sudah mulai buka, tetapi saya masih menyarankan untuk kapasitas tetap 50 persen dengan prokes," tegasnya.