Advertisement

Gunungkidul Sediakan Rp12 Miliar untuk Perbaiki Jalan Rusak 1,7 Km di Perbatasan

David Kurniawan
Kamis, 10 Februari 2022 - 15:27 WIB
Budi Cahyana
Gunungkidul Sediakan Rp12 Miliar untuk Perbaiki Jalan Rusak 1,7 Km di Perbatasan Sejumlah pengendara melintas di jalan rusak di perbatasan Gunungkidul tepatnya di Kalurahan Sumberejo, Kapanewon Semin, Senin (7/2/2022). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Pemkab Gunungkidul menyediakan Rp12 miliar untuk memperbaiki jalan rusak di perbatasan Semin dengan Sukoharjo, Jawa Tengah. Jalan yang akan diperbaiki sepanjang 1,7 kilometer.

Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan, Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi Sumber Daya Mineral (DPUP-ESDM) DIY Andi Kurniawan Dharma mengatakan lanjutan perbaikan jalan rusak di perbatasan DIY-Jawa Tengah di Kapanewon Semin, ruas Pandanaan-Candirejo sudah memasuki tahap lelang.

Advertisement

BACA JUGA: THL Tak Boleh Menuntut Jadi PNS

Awal Maret 2022 sudah ada penandatangan kontrak untuk pengerjaan dengan rekananan pemenang lelang.

“Masih proses dan mudah-mudahan segera selesai sehingga proses perbakan bisa dilakukan secepatnya,” kata Andi Rabu (9/2/2022).

Dia menjelaskan, total ruas jalan yang diperbaiki di tahun ini sepanjang 1,7 kilometer. Pagu anggaran untuk perbaikan sebesar Rp12 miliar dengan jangka waktu pembangunan selama lima bulan.

“Program ini merupakan lanjutan perbaikan pada 2021. Hasil pendataan, ruas Pandanan-Candirejo yang rusak sepanjang 3,2 kilometer, namun yang diperbaiki baru 1,5 kilometer. Sisanya diperbaiki sekarang,” katanya.

“Kami menggunakan cor beton FS45 dan secara mutu dan kelenturan sudah memenuhi spesifikasi sehingga saat pengerjaan tidak menggunakan banyak rangka besi.”

BACA JUGA: Pemda DIY Siapkan Sejumlah Opsi untuk Penanganan Jalur Mangunan, Ini Isinya

Salah seorang warga di Kalurahan Candirejo, Semin, Ariyanto, mengatakan upaya perbaikan jalan rusak di wilayah perbatasan sudah dilakukan. Namun, belum semua ruas selesai diperbaiki “Masih ada yang rusak dan kondisinya rawan kecelakaan karena licin saat hujan turun,” katanya.

Ari berharap kerusakan tersebut dapat diperbaiki secepatnya agar pengendara dapat lebih lancar berlalu lalang. Selain itu, ia juga meminta agar ruas jalan juga dilengkapi dengan fasilitas penerangan. “Kalau malam gelap dan pengendara harus lebih hati-hati lagi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement