Advertisement

Bentuk Posko THR, Disnakertrans Bantul Terima Aduan via Online

Catur Dwi Janati
Kamis, 07 April 2022 - 16:17 WIB
Arief Junianto
Bentuk Posko THR, Disnakertrans Bantul Terima Aduan via Online Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Pemerintah Pusat meminta perusahaan membayar uang Tunjangan Hari Raya (THR) tahun ini secara penuh dan tepat waktu. Sebagai tindak lanjut atas keputusan tersebut, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bantul resmi membuka posko pengaduan THR.

Tak hanya itu, Disnakertrans Bantul juga akan mendeteksi lebih dini soal kemampuan perusahaan. Dengan begitu pihaknya juga sekaligus bisa menyosialisasikan ke perusahaan soal aturan pembayaran THR.

Advertisement

Kepala Disnakertrans Bantul, Istirul Widilastuti menjelaskan posko pengaduan THR sudah dibuka sejak Senin (4/4/2022). Nantinya posko terus beroperasi menerima aduan hingga 10 hari pasca Lebaran.

BACA JUGA: 4 Pelajar Anggota Geng Mavrasta yang Hendak Tawuran di Bantul Diringkus Polisi, 2 Orang Kabur Bawa Celurit

Sama seperti tahun lalu, pengaduan yang diterima posko adalah terkait dengan pembayaran THR. Tak hanya offline, pengaduan itu juga dapat dilakukan secara daring.

"Sekretariat posko ada di kantor Disnakertrans Bantul. Bagian utara sudah ada banner-nya dan sudah ada yang piket di sana," kata dia, Kamis (7/4/2022).

Berdasarkan data Disnakertrans Bantul, pada tahun lalu tercatat ada 12 aduan terkait dengan pembayaran THR masuk ke Disnakertrans Bantul. Namun kesemuanya telah dimediasi dan rampung dibayarkan. "Tahun lalu ada 12 pelapor, laporan, tapi sudah bisa terselesaikan semua," ujarnya.

BACA JUGA: Mahasiwa Pemburu Takjil Perlu Catat, UMY Bagikan Menu Buka Puasa Setiap Hari

Dijelaskan Istirul, kebanyakan laporan masuk merupakan kasus miskomunikasi waktu pembayaran THR. Sesuai dengan regulasi, pembayaran THR itu diberikan maksimal H-7. "Setelah kami mediasi, kami berikan ruang diskusi pada mereka akhirnya paham, enggak masalah dan sudah dibayarkan," tegasnya.

Advertisement

Selain pendirian posko pengaduan THR, Istirul menerangkan bahwa Disnakertrans juga akan melakukan deteksi dini serta sosialisasi pembayaran THR. Meski tidak bisa mencakup semua perusahaan, sosialisai akan diberikan terkait mekanisme dan aturan penyaluran THR sesuai regulasi. "Kami akan ke lokasi lakukan pendampingan, nanti kami sampaikan seperti ini regulasinya," kata dia.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keren! Warga Desa Ini Tanam Padi Bergambar Soekarno

News
| Selasa, 28 Juni 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement