Advertisement

Bakal Diserbu Wisatawan, Ini Rekayasa Lalin yang Disiapkan Polres Gunungkidul

David Kurniawan
Rabu, 27 April 2022 - 15:07 WIB
Arief Junianto
Bakal Diserbu Wisatawan, Ini Rekayasa Lalin yang Disiapkan Polres Gunungkidul Puluhan perahu nelayan yang berjajar di pinggir Pantai Baron, Rabu (16/1/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Selama libur Lebaran, diprediksi ada 154.403 pengunjung akan memadati kawasan wisata di Gunungkidul. Untuk itu, upaya rekayasa arus lalu lintas dipersiapkan agar tidak terjadi kepadatan arus kendaraan di jalur menuwu wisata.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Martinus Griyavinto Sakti mengaku sudah melakukan survei kesiapan jalur, baik untuk mudik dan wisata. Guna memperlancar laju kendaraan sudah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas menuju wisata, khususnya di kawasan pantai.

Advertisement

BACA JUGA: Proyek Tugu Tobong Gunungkidul Jadi Polemik, Dewan Bakal Gulirkan Hak Interpelasi ke Bupati

Rekayasa arus sudah dimulai dari sejak masuk Gunungkidul. Dia menjelaskan, untuk wisatawan yang menggunakan kendaraan besar atau bus akan diarahkan masuk melalui Jalur Jalan Lintas Selatan. Setelah sampai di Simpang Tiga Gading diarahkan ke Playen menuju Paliyan dan masuk ke JJLS hingga ke Pantai.

Adapun wisatawan yang masuk melalui sisi utara seperti Sukoharjo, Klaten dan Wonogiri, rekayasa dilakukan mulai dari simpang tiga Mulo di Kapanewon Wonosari. Untuk kendaraan besar atau bus diarahkan masuk pantai melalui Pos Utama di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Baron.

“Di simpang tiga Mulo, khusus bus besar dilarang belok kiri [menuju Tepus] melainkan wajib lurus ke selatan,” kata Martinus, Rabu (27/4/2022).

BACA JUGA: Kabar Gembira, 907 PPPK Gunungkidul Terima SK

Menurut dia, untuk kendaraan kecil sangat situasional dan penerapan rekayasa baru dilaksanakan apabila terjadi kepadatan yang menyebabkan macet. “Kalau memang sangat padat, maka bisa diterapkan jalur satu arah. Semua kendaraan yang akan masuk pantai, maka akan dilewatkan di Pos TPR Baron,” katanya.

Martinus menambahkan, untuk jalur kepulangan dari kawasan pantai akan diarahkan melalui TPR Tepus. Adapun jalur keluar dari Gunungkidul, bus besar yang menuju Kota Jogja diarahkan ke Patuk.

Advertisement

Sedangkan kendaraan pribadi diarahkan menuju Imogiri melalui Panggang. Adapun alternatif kedua adalah melalui jalur alternatif Gunungkidul-Sleman. “Bersama dengan Dishub telah kami pasang juga rambu-rambu pengarah di jalur alternatif,” kata dia.

Sedangkan untuk ke jalur HeHa Ocean View, Teras Kaca dan destinasi lainnya di kawasan Pantai Gesing, polisi juga berencana menerapkan satu jalur pada saat terjadi kemacetan. “Semua sudah kami persiapkan dan mudah-mudahan berjalan dengan lancaar,” katanya.

Martinus mengimbau kepada wisatawan atau pemudik yang akan berwisata untuk menyiapkan kendaraan dengan memeriksa kelengkapan, serta untuk tetap menjaga protokol kesehatan. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keren! Warga Desa Ini Tanam Padi Bergambar Soekarno

News
| Selasa, 28 Juni 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement