Advertisement

Sambut Wisatawan saat Libur Lebaran, Pemkot Siapkan 3 Posko

Yosef Leon
Kamis, 28 April 2022 - 17:32 WIB
Arief Junianto
Sambut Wisatawan saat Libur Lebaran, Pemkot Siapkan 3 Posko Wakil Walikota Jogja, Heroe Poerwadi (kanan) dalam penyampaian persiapan pengamanan libur Lebaran di Kota Jogja, Kamis (28/4/2022). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemkot Jogja menyiapkan tiga pos pantau untuk mengoptimalkan pelayanan kepada pemudik dan wisatawan yang datang saat masa Lebaran. Ketiga posko itu masing-masing tersebar di wilayah Titik Nol Kilometer, Malioboro, dan Tugu Pal Putih. 

Posko pantau akan diisi oleh petugas gabungan yang akan siaga dalam menyambut momen libur Lebaran pada 29 April sampai 8 Mei mendatang. 

BACA JUGA: Beri Teladan, Ketua PN Yogyakarta Bayarkan Zakat Fitrah lewat Baznas

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi lain telah disiapkan untuk mengoptimalkan pelayanan di masa Lebaran. Pihaknya akan berupaya maksimal dalam menerima pengunjung dan memastikan protokol kesehatan (prokes) berjalan dengan optimal di lapangan. 

"Meski kasus Covid-19 di kota sudah demikian melandai tapi kita tetap mewanti-wanti agar prokes dijaga dengan optimal," ungkap Heroe dalam penyampaian persiapan pengamanan libur Lebaran di Kota Jogja, Kamis (28/4/2022). 

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja ini juga menyampaikan bahwa kesiapan Jogja dalam menyambut para pengunjung bisa dilihat dari tren penularan Covid-19 yang belakangan kian terkendali. Per hari ini, kasus aktif di wilayah setempat hanya berjumlah 16 pasien. Kemudian hanya ada 14 RT yang belum berstatus zona hijau dari sebanyak 2.532 RT. 

"Vaksinasi juga sangat tinggi capaiannya, sudah ada 225 persen warga yang menerima vaksin dosis satu, 218 persen dosis dua dan 76 persen dosis ketiga. Ini menunjukkan bahwa kekebalan tubuh warga sudah terbentuk dan siap menerima pengunjung," katanya. 

BACA JUGA: PLN Siapkan 23 Posko Mudik Lebaran di Jateng-DIY

Di sisi lain, pendirian posko pemantauan juga diikuti dengan penyediaan layanan vaksinasi dan tes swab antigen acak. Akan ada sejumlah posko kesehatan yang juga disiapkan bagi pengunjung yang belum menerima vaksin dan ingin menjalani swab antigen. Posko kesehatan akan disediakan di kawasan Titik Nol Kilometer dan area parkir Abu Bakar Ali. 

Advertisement

"Pos pantau juga didirikan secara swadaya oleh masyarakat di beberapa tempat. Harapannya ini bisa membantu petugas dalam memantau dan memonitor keamanan di setiap wilayah," jelas Heroe. 

Kepala Sfat Kodim 0734/Kota Jogja, Letkol Arh Tjatur Supriyono menambahkan, pihaknya telah memetakan potensi dan ancaman kerawanan di sejumlah tempat. Hal ini dilakukan guna memastikan situasi Jogja tetap kondusif selama Lebaran berlangsung. 

"Pengamanan akan dilakukan berdasarkan potensi kerawanan yang ada dari kepolisian. Kami siap mendukung pengamanan. Potensi kerawanan semisal macet atau potensi konflik juga akan diantisipasi," kata dia. 

Advertisement

Termasuk pula terhadap insiden kejahatan dan kekerasan jalanan, Tjatur menambahkan akan ada patroli statis dan rutin yang dilaksanakan petugas pada jam-jam rawan. Pihaknya juga mengimbau agar penegakan prokes tetap dilaksanakan selama masa libur dan Lebaran nanti. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ingatkan Penjabat Jangan Korupsi Anggaran untuk Program Kesejahteraan Petani

News
| Minggu, 25 September 2022, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement