Advertisement

Pencinta Keris Merapat, Pemkab Bantul Siapkan Showroom Khusus Keris di PSG

Catur Dwi Janati
Jum'at, 29 April 2022 - 23:47 WIB
Arief Junianto
Pencinta Keris Merapat, Pemkab Bantul Siapkan Showroom Khusus Keris di PSG Ilustrasi PSG. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Pemkab Bantul terus berupaya menyiapkan strategi untuk membuat Pasar Seni Gabusan (PSG) ramai dikunjungi wisatawan. Tak hanya wahana permainan anak, rencananya showroom kerajinan keris juga akan dibangun di PSG.

"Kami akan mendorong PSG dengan berbagai kegiatan dalam rangka ini [wisata]. Ketika di objek wisata penuh, alternatifnya bisa ke PSG," kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (Dinkop UKM Perindag) Bantul, Agus Sulistiyana, Jumat (29/4/2022).

Advertisement

BACA JUGA: Biaya Masuk Pantai di Bantul Bisa Gratis, Asalkan...

Selain itu, los-los barang antik menjadi salah satu keunikan PSG yang bakal ditonjolkan. Tak banyak tempat yang menjual barang antik di destinasi wisata. Sementara dengan sarana prasarana yang mumpuni seperti area yang luas, keunggulan ini dapat menampung ratusan wisatawan luar kota yang ingin melihat barang-barang antik.

"Kami lengkapi tidak hanya permainan anak-anak, tetapi di sana kemudian nanti akan ada barang antik, kuliner, kemudian juga ini rencana kami akan membangun sentra-sentra kerajinan keris," tambahnya.

Wacana pembangunan sentra keris di PSG diharapkan Sulis mampu menarik masyarakat khususnya pencinta keris. Di sisi lain keris juga kaya akan unsur nilai budaya di dalamnya. "Itu kan wisata orang-orang tertentu," ujarnya.

"Rencana kami akan membangun, membesarkan sentra-sentra kerajinan keris. Lha nanti kerajian-kerajinan keris yang ada itu kemudian akan kita pasarkan di PSG. Itu mungkin akan kami bangun seperti showroom-nya dan sebagainya," terangnya.

Bantul, kata dia, memiliki beberapa titik perajin keris, salah satunya di Imogiri. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Akhirnya Tahan Tersangka Korupsi Helikopter AW-101

News
| Selasa, 24 Mei 2022, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Wisata
| Senin, 23 Mei 2022, 14:27 WIB

Advertisement

Advertisement