Advertisement

Peringati Hari Jadi, Dinas Perdagangan Menggelar Gunungkidul Expo 2022

David Kurniawan
Jum'at, 27 Mei 2022 - 09:17 WIB
Budi Cahyana
Peringati Hari Jadi, Dinas Perdagangan Menggelar Gunungkidul Expo 2022 Sejumlah produk IMK ditampilkan dalam sebuah pameran./Istimewa-Dinas Perdagangan Gunungkidul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Perdagangan menggelar pameran potensi daerah bertajuk Gunungkidul Expo 2022. Kegiatan ini diselenggarakan di Taman Budaya Gunungkidul mulai 27-31 Mei 2022.

Kepala Dinas Perdagangan Gunungkidul, Kelik Yuniantoro mengatakan Gunungkidul Expo 2022 diselenggarakan sebagai rangkaian peringatan hari jadi kabupaten ke-191. Rencananya pameran dilaksankaan selama lima hari mulai Jumat (27/5/2022) hingga Selasa (31/5/2022). “Untuk tempatnya berlokasi di Taman Budaya,” kata Kelik, Kamis (26/5/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dia menjelaskan, ada sekitar 50 Industri Kecil Menengah (IKM) yang berpartisipasi dalam pameran. Para peserta ini memiliki berbagai sektor usaha mulai dari budidaya bonsai, aneka jamu atau makanan tradisional, dan berbagai macam potensi daerah. “Mudah-mudahan kegiatan dapat berjalan dengan lancar,” katanya.

Menurut dia, pameran potensi daerah merupakan event rutin yang diselenggarakan setiap tahun. Namun demikian, sejak adanya pandemi Covid, pelaksanaan menjadi terkendala. Sebagai contoh, tahun lalu pelaksanaan hanya secara daring.

“Kalau sekarang dilakukan secara langsung dan terbuka untuk umum. Masyarakat bisa datang menyaksikan pameran,” katanya.

Kepala Seksi Promosi dan Pengembangan Usaha Dinas Perdagangan Gunungkidul, Eko Susilo mengatakan pameran Gunungkidul Expo 2022 diharapkan menjadi salah satu sarana mengenalkan produk-produk lokal di Bumi Handayani. Menurut dia, potensi IKM yang dimiliki sangat banyak sehingga dibutuhkan fasilitas untuk memperkenalkan.

“Salah satunya melalui Gunungkidul Expo. Jadi, kegiatan ini untuk ajang promosi. Harapannya produk masyarakat bisa dikenal. Harapannya dengan semakin terkenal maka dapat memberikan dampak dalam upaya meningkatkan kesejahteraan,” katanya.

Menurut dia, kegiatan tidak hanya menampilkan produk dari masyarakat, tapi juga ada berbagai hiburan kesenian rakyat. Beberapa hiburan yang ditampilkan mulai dari Jathilan, Reog, Rampak Kendang, ada Jogedan Mataram dan lain sebagainya.

Advertisement

Kegiatan hiburan tersebut dilaksanakan di amphiteater di area Taman Budaya Gunungkidul. “Atraksi budaya untuk menarik minat masyarakat. Bagi yang tertarik bisa mengunjungi pameran dan menyaksikan hiburan yang disediakan,” katanya. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja Solo, Jumat (9/12/2022)

News
| Jum'at, 09 Desember 2022, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Ikut Genjot Kualitas SDM Desa Wisata, Ini yang Dilakukan oleh BCA

Wisata
| Kamis, 08 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement