Advertisement

Tahun Depan Pantai Gesing Jadi Pelabuhan, 30 Nelayan Magang ke Sadeng

David Kurniawan
Minggu, 05 Juni 2022 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Tahun Depan Pantai Gesing Jadi Pelabuhan, 30 Nelayan Magang ke Sadeng Puluhan perahu jongkong bersandar di Pantai Gesing di Kalurahan Girikarto, Panggang, belum lama ini. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Sedikitnya 30 nelayan di kawasan Pantai Gesing di Kapanewon Panggang mengikuti program magang penangkapan ikan di kapal-kapal yang bersandar di Pelabuhan Sadeng di Kapanewon Girisubo. Kegiatan ini sebagai persiapan menyabut beroperasinya pelabuhan pendaratan ikan (PPI) mulai tahun depan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul, Khrisna Berlian mengatakan, sudah ada persiapan beroperasinya PPI Gesing, meski proses pembangunan masih berlangsung. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memberikan pelatihan alih teknologi penangkapan menggunakan kapal yang lebih besar kepada nelayan di kawasan Pantai Gesing.

Advertisement

Total ada 30 nelayan yang dikirim untuk menjalani magang ke kapal-kapal di Pelabuhan Sadeng. “Magang sudah dilaksanakan Maret lalu dan sudah selesai,” kata Khrisna kepada Harianjogja.com, Minggu (5/6/2022).

BACA JUGA: Banyak CPNS Mundur, BKPDD Gunungkidul: Tak Ada Satupun CPNS yang Mengundurkan Diri

Dia menjelaskan, selama magang para nelayan tidak hanya diberikan pelatihan. Namun dalam pelaksanaannya langsung terjun untuk aktivitas penangkapan ikan di laut menggunakan kapal besar.

“Magang dilaksanakan selama 15 hari. Ada tiga kali penangkapan dengan sekali melaut waktunya selama lima hari,” ungkapnya.

Khrisna menambahkan, penyiapan sumber daya manusia untuk pengoperasian Pelabuhan Gesing juga bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan DIY.

Rencanaya tahun depan juga ada program magang nelayan untuk menambah keahlian dan kemampuan nelayan untuk mengoperasikan kapal lebih besar. “Program magang akan disambung lagi di tahun depan,” katanya.

Dengan program magang ini, dia berharap para nelayan dapat belajar sehingga alih teknologi ini menjadi bekal pada saat pelabuhan benar-benar dioperasikan. Selain itu, juga ada program kaderisasi nelayan hingga mendorong untuk bergabung dengan koperasi guna memperkuat permodalan. “Jadi kami persiapkan mulai dari sekarang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1.119 WNI Berhasil Dipulangkan ke Tanah Air dari Zona Konflik hingga Bencana Alam

News
| Sabtu, 27 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement