Advertisement

Liburan Sekolah, Pengelola Objek Wisata di Sleman Panen

Anisatul Umah
Minggu, 03 Juli 2022 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Liburan Sekolah, Pengelola Objek Wisata di Sleman Panen Ilustrasi Objek Wisata Tlogo Putri Kaliurang. - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN -- Masa liburan sekolah menjadi angin segar bagi sektor wisata di Kabupaten Sleman.

Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman, Suparmono mengatakan momen libur sekolah kali ini menjadi momen bagi sektor wisata untuk mendulang rupiah setelah dua tahun terdampak pandemi.

Advertisement

Menurutnya peningkatan kunjungan mencapai 50%-70% dibandingkan hari-hari biasa. Peningkatan itu terlihat di sejumlah destinasi, seperti misalnya di Studio Alam Gamplong, kawasan Kaliurang dan Kaliadem, Tebing Breksi, Grojogan Watu Purbo, dan Jogja Exotarium.

Selain wisata alam peningkatan pengunjung juga terjadi di museum. Seperti Museum Gunung Merapi, Ullen Sentalu, dan Monumen Jogja Kembali dengan titik puncak jumlah kunjungan dalam sehari sekitar 800-1.800 pengunjung.

"Kenaikan kunjungan di sejumlah destinasi wisata seperti Studio Alam Gamplong, Kawasan Kaliurang dan Kaliadem, Breksi, Grojogan Watu Purbo, dan Jogja Exotarium ramai dikunjungi wisatawan, rata-rata kenaikan nya 50-70 persen," ucapnya kepada Harianjogja.com, Minggu, (3/7/2022).

BACA JUGA: Antisipasi Penyebaran PMK, Peternak: Beli Hewan Kurban Sebaiknya saat Hari H atau H-1 Saja

Sementara disinggung soal penerapan protokol kesehatan (prokes), dia mengklaim Dispar Sleman selalu mengingatkan agar prokes untuk tetap dipatuhi, karena masa pandemi Covid-19 belum rampung.

Menurut dia, peningkatan jumlah pengunjung ini tidak semata-mata karena libur sekolah, namun juga dampak beberapa event di lokasi wisata Sleman. Seperti misalnya Prambanan Jazz Festival 2022 yang berlangsung selama tiga hari, event Jogja Gelut Day di Tebing Breksi dan lain-lain.

"Selama libur sekolah ini, kunjungan wisatawan ke Sleman meningkat cukup signifikan," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bareskrim Gandeng Polisi Thailand Buru dan Bawa Pulang Buron Narkoba Fredy Pratama

News
| Kamis, 18 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement