Advertisement

Sukses Besar! Pasar Lawas Mataram Berhasil Datangkan 10 Ribu Pengunjung

Lugas Subarkah
Rabu, 31 Agustus 2022 - 17:37 WIB
Bhekti Suryani
Sukses Besar! Pasar Lawas Mataram Berhasil Datangkan 10 Ribu Pengunjung Pengunjung memadati halaman Masjid Gedhe Mataram, dalam Pasar Lawas Mataram, Sabtu (27/8/2022). - Harian Jogja - Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sebanyak 10.000 pengunjung mendatangi Pasar Lawas Mataram, yang berlasngsung selama tiga hari, 26-28 Agustus lalu, di halaman Masjid Gedhe Mataram, Kalurahan Jagalan, Kapanewon Banguntapan.

Koordinator Publikasi Pasar Lawas Mataram, Fauzan, menjelaskan berdasarkan pendataan dari karcis parkir, selama tiga hari pelaksanaan ditaksir ada 10.000 pengunjung yang mendatangi Pasar Lawas Mataram. “Selama tiga hari kemaren kisaran 10.000 pengunjung,” ujarnya, Rabu (31/8/2022).

Dengan jumlah tenant sebanyak 41 orang ditambah beberapa yang berjualan tanpa stan, serta lokasi yang hanya di halaman masjid, jumlah pengunjung ini terhitung fantastis. Banyaknya pengunjung ini pun berdampak positif pada perputaran ekonomi warga Jagalan.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Dari data yang dihimpun panitia, setiap pedagang mendapatkan omzet sebanyak Rp1 juta hingga Rp5 juta setiap harinya. Besaran omzet tersebut bergantung jenis dagangan yang dijajakan. Dengan harga maksimal Rp10.000, berarti setiap pedagang minimal menjual 100 item setiap harinya.

Ketua Panitia Pasar Lawas Mataram, Sulthon Abdul Aziz, mengatakan semua tenant yang terlibat dalam kegiatan ini merupakan warga asli Jagalan. “Tujuannya adalah pemberdayaan ekonomi berbasis warga,” ungkapnya.

BACA JUGA: Minta Jangan Ada Kekerasan Fisik di Jogja, Sultan: Mbok Pun Penggalih

Tahun ini merupakan ketiga kalinya Pasar Lawas Mataram digelar. Gelaran pertama berlangsung pada 2018 dan yang kedua 2019. Setelah dua tahun libur, Pasar Lawas Mataram 2022 menurutnya jauh lebih ramai dibanding pelaksanaan yang sebelumnya.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, yang hadir dalam pembukaan Pasar Lawas Mataram, mengapresiasi masyarakat Jagalan yang dengan kekompakan dan semangat gotong royongnya, acara Pasar Lawas Mataram dapat digelar dengan meriah.

Ia mencatat pada gelaran sebelumnya, Pasar Lawas Mataram berhasil membuat perputaran uang hingga ratusan juta, sehingga sangat bermanfaat untuk masyarakat. "Acara ini digelar esensinya yang paling utama adalah untuk pemberdayaan masyaraka. Pemberdayaan itu harus dirasakan oleh masyarakat,” kata dia.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Surat Pemecatan Fredy Sambo Sudah Ditandatangani Presiden Jokowi

News
| Jum'at, 30 September 2022, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement