Advertisement

95 Persen Pemotor Langgar Lalu Lintas dengan Masuk Jalur Cepat

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 05 Oktober 2022 - 07:27 WIB
Sirojul Khafid
95 Persen Pemotor Langgar Lalu Lintas dengan Masuk Jalur Cepat Seorang Pengendara Motor Terjaring Operasi Zebra di Blok O Ring Road Selatan pada Selasa, (04/10/2022). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Masih banyak sepeda motor yang melanggar peraturan lalu lintas dengan memasuki jalur cepat. Dalam operasi zebra yang digelar oleh Polsek Jajaran Rayon Timur, sekitar 95 persen pelanggaran berupa motor yang memasuki jalur cepat.

Polsek Jajaran Rayon Timur yang terdiri dari Polsek Banguntapan, Piyungan, Pleret, dan Imogiri melaksanakan Operasi Zebra di Simpang 4 Blok O, Bantul, Selasa, (4/10/2022). Operasi ini digelar 3-16 Oktober 2022.

Advertisement

Kanit Lantas Polsek Banguntapan, Iptu Rumpoko, memimpin operasi yang melibatkan 15 personil. Salah satu tujuan operasi ini mencegah terjadinya laka lantas di Jogja yang tinggi. Iptu Rumpoko mengatakan sepanjang jalan ring road masih sering terjadi laka lantas karena pengguna sepeda motor sering masuk ke jalur cepat.

BACA JUGA: Baru Kenalan dengan Pacar lewat Aplikasi Jodoh, Gadis di Bantul Kehilangan Motor

“Itu sangat berbahaya karena di jalur cepat, bus truk dan kendaraan berat lain melaju sangat kencang. Sehingga kalau ada motor masuk sering tidak kelihatan oleh pengemudi [kendaraan berat] yang akhirnya bisa terjadi laka fatal, bahkan sampai meninggal dunia karena terlindas kendaraan besar tersebut,” kata Iptu Rumpoko, Selasa, (4/10/2022).

Tujuh aspek prioritas yang akan dikenai tindakan saat operasi zebra kali ini adalah sepeda motor yang membawa penumpang lebih dari dua, melebihi batas kecepatan, pengendara di bawah umur, tidak memakai helm SNI, menggunakan gawai saat berkendara, melawan arah jalan, dan knalpot brong.

Aspek yang paling menjadi perhatian Rumpoko dalam operasi adalah pengendara motor yang masuk jalur cepat. Iptu Rumpoko mengimbau agar semua pengguna jalan menjadi pelopor keselamatan dengan selalu tertib berlalu lintas.

“Sehingga perjalanan dapat sampai tujuan dan kembali ke rumah dalam keadaan selamat tidak ada kendala apapun,” ucapnya.

BACA JUGA: Kera Ekor Panjang Serang Lahan Pertanian di Bantul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement