Advertisement

Sambut Borobudur Highland, Pelaku Wisata di Pegunungan Menoreh Mulai Disertifikasi

Sunartono
Selasa, 22 November 2022 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Sambut Borobudur Highland, Pelaku Wisata di Pegunungan Menoreh Mulai Disertifikasi Sejumlah pelaku wisata dari kawasan wisata sekitar Menoreh berfoto bersama saat acara Sertifikasi Hospitality SDM Parekraf untuk Desa Wisata Penyangga Zona Otorita Borobudur, Selasa (22/11/2022). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Puluhan pelaku wisata di wilayah Pegunungan Menoreh mulai disertifikasi untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) dalam memberikan layanan kepada wisatawan.

Sertifikasi itu dilakukan untuk persiapan menuju pembukaan kawasan wisata Borobudur Highland yang ditarget rampung pembangunannya di 2024 mendatang.

Advertisement

Sebagaimana diketahui, berdasarkan masteplan yang disusun, kawasan Menoreh akan dikembangkan menjadi resort dengan 1.050 kamar setara bintang empat dan bintang lima. Proyek ini diperkirakan menyerap 1.600 tenaga kerja masyarakat sekitarnya.

Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan Badan Otorita Borobudur (BOB), Bisma Jatmika menjelaskan sertifikasi itu dilakukan kepada masyarakat terutama pelaku wisata yang berada di sekitar perbukitan Menoreh sebagai tindaklanjut dari sejumlah pelatihan yang digelar sebelumnya.

Harapannya ketika Borobudur Highland mulai beroperasi, masyarakat bisa berkontribusi lebih banyak dalam meningkatkan perekonomian sekitarnya.

“Mereka yang disertifikasi ini telah melalui proses seleksi termasuk wawancara karena prosesnya berkesinambungan, mereka berasal dari enam desa yang area Borobudur Higland, mulai dari Kulonprogo, Purworejo dan Magelang. Sebagai persiapan untuk operasi Borobudur Highland ke depan,” katanya di sela-sela pelaksanaan Sertifikasi Hospitality SDM Parekraf untuk Desa Wisata Penyangga Zona Otorita Borobudur di salah satu hotel di Jalan Affandi, Sleman, Selasa (22/11/2022).

BACA JUGA: Rutan Wates Dirazia Malam Hari, Petugas Temukan Sejumlah Benda Terlarang

Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata dan Spa Indonesia, Lastiani Warih Wulandari menambahkan para peserta yang disertifikasi di antaranya pengeloa homestay sekitar Pegunungan Menoreh dan pengelola wisata. Setelah mendapatkan sertifikasi para pelaku wisata ini akan memiliki kemampuan terstandar dan diakui sebagai SDM berkompeten.

Dalam proses seleksi menuju sertifikasi ada sejumlah persyaratan dasar yang harus dipenuhi. Adapun proses uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat secara umum meliputi knowledge, attitude dan skill. Sebelum dilakukan uji kompetensi, mereka diberikan pelatihan terkait front office, waiter, house keeping baik untuk wisata terbuka maupun penginapan.

“Sehingga mereka lebih berkompeten sehingga jadi SDM terstandar untuk mengurus usaha wisatanya, misalnya dia pengelola homestay dengan telah disertifiksi tentunya harus menerapkan standar layanan yang terbaik ke wisatawan,” ujarnya.

Direktur Destinasi Pariwisata BOB Agustin Peranginangin menyatakan perkembangan proyek Borobudur Highland menunjukkan tren positif.

Saat ini telah mendapatkan hak pengelolaan lahan dari Kementerian TR/BPN. Pengembangan kawasan Menoreh ini tidak bisa berdiri sendiri, melainkan butuh kolaborasi dengan banyak desa sekitarnya, sehingga SDM harus disiapkan melalui sertifikasi sebagai persiapan ketika Borobudur Highland secara resmi dibuka.

“SDM ini utama dan dilakukan sertifikasi, komitmennya bukan untuk mengikuti parade ceramah, tetapi benar-benar melakukan uji kompetensi. Setelah disertifikasi manfaatnya sangat banyak,” katanya.

Infrastruktur jalan dari Pasar Plono ke kawasan wisata Nglinggo yang berada di Pagerharjo, Samigaluh, Kulonprogo mulai ditingkatkan aksesnya pada 2023 mendatang.

Proses pembangunannya memungkinkan menganggu aktivitas warga, akan tetapi dia berharap masyarakat bersabar karena setelah proses peningkatan jalan selesai maka aksesnya akan lebih mudah.

“Infrastruktur terus ditingkatkan karena kami perkirakan lima tahun ke depan akan banyak sekali wisatawan yang datang ke pegunungan menoreh,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement