Advertisement

Sultan: Terkoneksi Tol Jogja, Jalur Alternatif dari Sleman ke Gunungkidul Harus Selesai di 2024

Sunartono
Jum'at, 02 Desember 2022 - 17:57 WIB
Budi Cahyana
Sultan: Terkoneksi Tol Jogja, Jalur Alternatif dari Sleman ke Gunungkidul Harus Selesai di 2024 Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X - Ist/Dok Humas Pemda DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan jalur alternatif dari Sleman menuju Gunungkidul lewat Prambanan ke Gading akan tuntas pada 2024 sehingga dapat mengurangi beban jalur utama Piyungan-Patuk yang rawan longsor. Jalan baru ini akan terkoneksi langsung dengan exit toll Jogja Solo  di Bokoharjo.

Sri Sultan HB X mengatakan Jalan Jogja-Wonosari jalur Piyungan-Patuk rawan longsor dan kelebihan beban. Jalur alternatif lain ke Gunungkidul dibutuhkan untuk mengatasi masalah ini. Dalam jangka pendek, HB X menilai persoalan yang harus diselesaikan adalah antisipasi longsor di jalan raya yang sulit diprediksi titik lokasinya.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : Tunggu Respons Pusat, Pemda DIY Siapkan Jalur..

“Saya kira bukan masalah percepatan [pembangunan jalur alternatif harus dipercapat], lokasi longsor kan tidak bisa dipastikan di tempat yang mana,” kata Sultan di sela-sela menyerahkan bantuan untuk korban gempa Cianjur di Kantor BPBD DIY, Jumat (2/12/2022).

Sultan mengatakan beban arus lalu lintas yang melewati kawasan Piyungan-Patuk harus dikurangi. Oleh karena itu, Pemda DIY telah berinisiatif membangun jalur alternatif menuju ke Gunungkidul melalui jalur Prambanan-Gading.

“Piyungan itu harapan saya bebannya harus dikurangi. Kami mencoba membangun jalan dari Prambanan langsung ke Wonosari dan 2024 harus selesai,” ucapnya.

BACA JUGA : Piyungan-Patuk Longsor Lagi, DIY Desak Pusat Segera..

Pembebasan lahan untuk pembangunan perluasan dan jalan baru untuk jalur Prambanan-Gayamharjo yang berada di wilayah Sleman saat ini sedang diproses. Jalan ini, lanjut Sultan, akan terkoneksi langsung dengan Tol Jogja Solo di exit toll Bokoharjo. Orang yang akan ke Gunungkidul melewati Tol Jogja Solo nanti melewati jalur Prambanan-Gayamharjo dan Tawang-Ngalang untuk menuju ke Gading, Playen, Gunungkidul.

“Itu nanti untuk sampai Wonosari tidak perlu lewat Piyungan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Siswi SMP di Klaten Jadi Korban Kekerasan Seksual hingga Ratusan Kali

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement