Advertisement

Bupati Tunjuk Kepala BKAD Gunungkidul sebagai Sekda Baru

David Kurniawan
Jum'at, 02 Desember 2022 - 22:47 WIB
Budi Cahyana
Bupati Tunjuk Kepala BKAD Gunungkidul sebagai Sekda Baru Kepala BKAD Sri Suhartanta saat menandatangani berita acara pelantikan Sekda Gunungkidul di Taman Budaya Gunungkidul, Jumat (2/12/2022). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bupati Gunungkidul Sunaryanta menunjuk Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Sri Suhartanta, sebagai Sekretaris Daerah Gunungkidul yang baru. Sri Suhartanta dilantik di Joglo Taman Budaya Gunungkidul, Jumat (2/12/2022) sore.

“Setelah koordinasi dengan Gubernur DIY, dipilihlah satu nama untuk dilantik menjadi Sekda Gunungkidul. Pejabat yang dipilih adalah Sri Suhartanta,” kata Sunaryanta kepada wartawan seusai pelantikan.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Bupati sejak awal berkomitmen untuk memilih sekada baru dari lingkup Pemkab Gunungkidul. Oleh karenanya, pada saat pendaftaran Gunungkidul tidak membuka peluang untuk calon dari luar daerah.

“Untuk pejabat yang tidak terpilih tidak boleh berkecil hati karena harus tetap komitmen dalam upaya membangun Gunungkidul,” katanya.

Sunaryanta berharap sekda yang baru bisa tetap menjaga integritas dan bersikap profesional. Langkah yang diambil adalah melalui peningkatan kompetensi. “Banyak tugas guna menghadapi tantangan yang akan muncul, khususnya di 2023,” katanya.

Sekda Gunungkidul Sri Suhartanta berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Bupati Gunungkidul. Ia berjanji akan menjalankan tugasnya secara maksimal, khususnya dalam upaya pembangunan serta mendukung kebijakan dan program yang dimiliki bupati Gunungkidul.

“Saya akan mendukung program yang telah direncanakan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Gunungkidul,” katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Gunungkidul Iskandar mengatakan dengan dilantiknya sekda terpilih, tugas pelaksana harian resmi berhenti. Selain itu, tugas panitia seleksi juga sudah selesai karena tugas dalam penjaringan sudah dilalui dengan lancar.

BACA JUGA: Sultan: Terkoneksi Tol Jogja, Jalur Alternatif dari Sleman ke Gunungkidul Harus Selesai di 2024

Menurut dia, pada saat pendaftaran ada enam pejabat di Gunungkidul yang berminat. Meski demikian, setelah melalui berbagai tahapan tes uji kompetensi, penyusunan makalah hingga penelusuran rekam jejak dipilihlah tiga kandidat.

Tiga kandidat ini meliputi Kepala BKAD Sri Suhartanta, Kepala Bappeda Saptoyo, dan Kepala Disdukcapil Markus Tri Munarja. “Hasilnya sudah diketahui bersama karena yang terpilih adalah Kepala BKAD,” katanya.

Jabatan sekdaakan diemban selama lima tahun dan bisa diperpanjang selama dua tahun. “Bisa juga ada mutasi ke pemerintah provinsi sehingga jabatan sekda akan ditinggalkan sebelum masa jabatannya habis,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Duh, Konsumsi Pemerintah Jadi Ganjalan Pertumbuhan Ekonomi di 2022

News
| Senin, 06 Februari 2023, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement