Advertisement

Remaja Ngupasan Dilatih Public Speaking

Arief Junianto
Sabtu, 17 Desember 2022 - 08:17 WIB
Arief Junianto
Remaja Ngupasan Dilatih Public Speaking Pendampingan yang dilakukan Tim Pengabdian LPPM UAD di Ngupasan, Jogja. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Setelah memberikan pelatihan terkait dengan public speaking pada masyarakat Kelurahan Ngupasan, Kemantren Gondomanan, Jogja pada 27 November 2022 lalu, tim pengabdian dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (LPPM UAD) melakukan pendampingan terhadap peserta pelatihan tersebut. Pendampingan itu digelar di Balai RK Ngupasan pada 11 Desember 2022 lalu.

"Peserta dalam pelatihan ini adalah remaja yang berada di wilayah Ngupasan mulai dari jenjang siswa SMP, SMA, mahasiswa, dan umum. Mahasiswa KKN Altiernatif Periode ke-84 dari UAD yaitu unit II A1, II A 2, dan II A 3 yang berada di wilayah Ngupasan turut membantu proses pelatihan dengan mendampingi para peserta," ucap dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UAD, Fitri Merawati melalui rilis, Minggu (17/12/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Fitri menjelaskan public speaking merupakan seni berkomunikasi yang dilakukan secara lisan di depan audiens dengan metode dan struktur tertentu untuk menyampaikan gagasan dengan tujuan menginformasikan, menghibur, dan memengaruhi. Itulah sebabnya pelatihan ini diharapkan dapat memberikan literasi komunikasi bagi remaja Ngupasan sehingga kebiasaan bertutur pun menjadi lebih baik.

BACA JUGA: 212 Pekerja Tembakau Taru Martani Terima BLT DBHCHT

Dia mengatakan keterampilan berbicara saat ini memang menjadi persoalan yang terjadi di masyarakat, tak terkecuali di kalangan remaja. Salah satu penyebabnya adalah pengaruh pergaulan serta media sosial yang membuat seseorang cenderung mengesampingkan kaidah dan etika kebahasaan.

Hal inilah, kata Fitri, yang kemudian membentuk kebiasaan dalam bertutur, tidak terkecuali ketika bertutur di hadapan umum. "Oleh karena itu, program pelatihan public speaking diselenggarakan dalam rangka memberikan fasilitas bagi remaja untuk mengetahui kaidah kebahasaan dan etika dalam bertutur di depan umum," ujar dia.

Fitri menambahkan, ada lima kunci yang harus dikuasai jika seseorang hendak berbicara di depan umum. “Kelima kunci dalam public speaking yang utama adalah mental, pengetahuan, vokal, gestur, dan penampilan. Semua itu harus dipersiapakan secara matang. Maju tanpa persiapan, maka akan mundur tanpa penghormatan.” ujar Fitri menambahkan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AP I Mengaku Belum Terima Info soal Pengurangan Jumlah Bandara Internasional

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Ikuti Post-tour ATF, Banyak Peserta Terkesan dengan Objek Wisata DIY

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 10:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement