Advertisement

Puluhan Dokter Muda Dikerahkan untuk Bantu Tangani Kesehatan Warga di DIY

Sunartono
Jum'at, 30 Desember 2022 - 08:37 WIB
Sunartono
Puluhan Dokter Muda Dikerahkan untuk Bantu Tangani Kesehatan Warga di DIY Pemberangkatan dokter muda dan calon tenaga kesehatan dari tiga kampus Muhammadiyah untuk terjun memberikan layanan kepada masyarakat, Kamis (29/12/2022). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Puluhan dokter muda dan calon tenaga kesehatan dari tiga kampus Muhammadiyah di Jogja dikerahkan untuk membantu menangani memberikan layanan kesehatan masyarakat. Pemberangkatan tim ini digelar di Islamic Center, Kampus UAD, Kamis (29/12/2022) sore.

Kepala Humas RS PKU Gamping Eka Budi Santoso menjelaskan penerjunan dokter muda itu dimulai sejak Desember 2022 hingga Maret 2023 dengan jumlah 80 dokter muda dan tenaga kesehatan yang berasal dari UMY, UAD dan Unisa Jogja. Mereka berasal dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, sehingga tidak hanya dokter muda namun ada calon tenaga kesehatan yang sudah memiliki pengalaman.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : Nama RS PKU Muhammadiyah Gamping Diresmikan

“Kegiatan ini memberikan layanan ke masyarakat dalam rangka Milad RS PKU Gamping ke-14 dan PKU Jogja 100 tahun. Mereka mahasiswa kedokteran yang sudah di semester akhir, sebentar lagi akan mendapatkan gelar Dokter, kemudian ada juga perawat,” katanya, Kamis (29/12/2022).

Kegiatan itu disebar di berbagai titik di wilayah DIY, di antaranya di Kampung Bodeh Gamping, Kampung Kauman, Kampung Notoprajan, Kampung Ngadiwinatan dan Kampung Pajeksan. Kemudian di Desa Berbah, Kotagede, Cangkringan, Turi, Pakem serta Pengasih Kulonprogo. Para mahasiswa tersebut akan langsung terjun ke masyarakat dengan memberikan layanan Kesehatan.

“Melalui tiga kampus ini kami akan melakukan edukasi kesehatan, pemeriksaan Kesehatan dan layanan diberikan secara gratis karena bentuk pengabdian dan kepedulian rumah sakit sekalu amal usaha Muhammadiyah,” katanya.

Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan AIK Fakultas Kedokteran UMY Dirwan Sutya Sularto menambahkan kegiatan ini memberikan manfaat positif bagi para dokter muda sebelum terjun menjalani karier di bidang kesehatan. Selain itu mereka bisa berkontribusi langsung dalam memberikan layanan ke masyarakat.

BACA JUGA : Pelayanan Kesehatan untuk Difabel di Sleman Dipercepat

“Karena melibatkan tiga kampus di bawah Muhammadiyah maka bisa menjadi pembelajaran juga untuk berkolaborasi dengan perguruan tinggi lain bisa saling menguatkan dan tukar menukar pengalaman, berhubungan dengan prodi yang lain sehingga memperkaya pengalaman,” katanya.

Wakil Dekan Fakultas Kedokteran UAD Ario Tejosukmono mengatakan bentuk layanan yang diberikan akan sangat menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Sehingga tim akan melihat lebih dahulu kebutuhan masyarakat. “Karena sifatnya kegiatan sosial maka para mahasiswa semester akhir ini dari kedokteran akan memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang disasar, terutama di pemeriksaaan kesehatan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

OJK Cabut Izin Bank Bagong

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Pemugaran Candi Perwara Prambanan Bakal Tambah Daya Tarik Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement