Advertisement

Parangtritis & Puncak Sosok Jadi Destinasi Favorit Perayaan Malam Pergantian Tahun

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 01 Januari 2023 - 21:57 WIB
Sunartono
Parangtritis & Puncak Sosok Jadi Destinasi Favorit Perayaan Malam Pergantian Tahun Ribuan orang mengunjungi kawasan wisata Pantai Parangtritis, Minggu (1/1/2023). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kawasan Pantai Parangtritis dan Puncak Sosok menjadi destinasi wisata favorit untuk merayakan malam pergantian tahun.

Sub Koordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan untuk kawasan Pantai Parangtritis, jumlah wisatawan naik dibanding tahun lalu khusus di tanggal 31 Desember.

Advertisement

“Khusus tanggal 31 Desember hingga pukul 00.00 WIB, jumlah wisatawan yang datang mencapai 18.096,” kata Markus dihubungi pada Minggu, (1/1/2023).

BACA JUGA : Wisatawan Asal Sidoarjo Terseret Ombak di Parangtritis 

Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebanyak 1.700 orang dari jumlah 16.396 di tanggal dan bulan yang sama tahun 2021. Menurut Markus, penambahan tersebut dipengaruhi pencabutan PPKM dan kondisi cuaca yang cerah.

Pengelola Pantai Gua Cemara, Suranto, mengatakan kunjungan wisatawan di pantai bagian Barat seperti Samas hingga Pantai Baru mencapai 1.911.

“Jumlah wisatawan di Pantai Gua Cemara itu, menurut tiket, hanya 100. Namun, banyak orang yang datang melalui jalan tikus. Melihat dari estimasi pendapatan parkir, pengunjung mencapai 2.750,” katanya.

Jumlah kunjungan tersebut terbanyak dibanding pantai lain di bagian barat. Tentu hal itu juga dipengaruhi acara yang digelar di Pantai Gua Cemara dan cuaca cerah.

Pengelola Puncak Sosok, Rudi Haryanto, mengatakan acara yang diselenggarakan di Puncak Sosok berhasil menyedot wisatawan hingga hampir 5.000 orang. Kelancaran acara dan arus kendaraan tersebut dipengaruhi keputusan pengelola untuk membuat jalan pulang dari Puncak Sosok satu arah.

BACA JUGA : 40.000 Kendaraan Diprediksi Masuk Parangtritis Saat Malam

Masih di kawasan perbukitan, Pengelola Puncak Becici, Gandi, mengatakan cukup banyak wisatawan yang datang untuk merayakan malam pergantian tahun baru. Katanya, ada 1.685 pengunjung yang datang.

Sedangkan untuk situasi ruas-ruas jalan menuju Kawasan Pantai Parangtritis tidak ada kemacetan bahkan antrian yang mengular. Hal tersebut dibenarkan Kepala Pos PAM TPR Parangtritis, Paidi.

“Tidak ada antrian kendaraan dari tadi. Parangtritis kelihatan sepi,” kata Paidi dihubungi pada Sabtu, (31/12/2022).

Sebelum TPR Parangtritis, tepatnya di Simpang Tiga Jembatan Kretek I juga tidak ada tanda-tanda kemacetan. Kanit Gakkum Satlantas Polres Bantul, Ipda Reni Juliani, mengatakan situasi jalan menuju kawasan Parangtritis landai. Begitupun juga di Bukit Bintang, meski ramai namun situasi lancar. Sementara di jalur cinomati, ada cukup banyak kendaraan yang naik dari arah kota.

Anggota FPRB Wonolelo, Muhammad Adib, menjelaskan cukup banyaknya kendaraan yang menggunakan jalur cinomati karena mencari alternatif wisata dalam rangka merayakan tahun baru.

“Ini [kendaraan] lumayan banyak. Mungkin karena Puncak Sosok sudah overload jadi mereka mencoba cari tempat [wisata] lain,” katanya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Bantul, Sri Harsono, mengatakan sebelum dan sesudah pergantian tahun baru, jembatan Kretek II tidak dibuka.

“Situasional saja. Ketika arus lalu lintas lancar ya tidak kami buka jembatann itu. Hingga jam 11 siang tadi saya patroli juga tidak dibuka,” kata Sri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anggaran Pupuk Bersubsidi Sentuh Rp54 Triliun, Mentan: Awasi Distribusinya

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement