Advertisement

Khawatir YIA Terendam, Menteri Basuki Minta Proyek Pengendali Banjir Rampung di 2023

Sunartono
Sabtu, 28 Januari 2023 - 14:37 WIB
Sunartono
Khawatir YIA Terendam, Menteri Basuki Minta Proyek Pengendali Banjir Rampung di 2023 Jetty pengendali banjir di Sungai Bogowonto. Infrastruktur ini dibangun untuk mencegah bandara YOA terendam banjir jika air meluap. - Istimewa/PUPR.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta proyek pengendali banjir di daerah aliran sungai (DAS) Bogowonto harus rampung di 2023 ini. Infrastruktur ini menjadi kunci pengendali banjir agar bandara Yogyakarta International Airport (YIA) tidak terendam.

Sebagaimana diketahui Bandara YIA Kulonprogo diapit oleh dua sungai, berada di barat Sungai Bogowonto berbatasan dengan Purworejo dan sisi timur Sungai Serang. Jika kedua sungai ini meluap, maka dampaknya mengarahnya ke YIA. Oleh karena itu pemerintah pusat melakukan antisipasi.

Advertisement

BACA JUGA : BBWSSO Siapkan Pengendali Banjir di Kawasan Bandara YIA

Pembangunan fasilitas pengendali banjir YIA ini sebagai salah satu bentuk dukungan kegiatan pariwisata pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur di DIY oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menteri Basuki mengatakan, perubahan iklim menjadi tantangan dalam pengelolaan sumber daya air di Indonesia. Pergeseran dan perubahan masa musim hujan dan kemarau, serta pola hujan dengan durasi pendek namun intensitasnya tinggi kerap mengakibatkan banjir.

“Upaya penanggulangan bencana, termasuk banjir merupakan tanggung jawab kita bersama. Sesuai dengan tugas dan fungsinya, Kementerian PUPR berperan dalam masalah infrastruktur,” kata Menteri Basuki sebagaimana rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (28/1/2023).

BACA JUGA : Cegah YIA Kebanjiran, Dua Embung Bakal Dibangun

Dalam mengurangi risiko banjir Bandara YIA, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak, Ditjen Sumber Daya Air membangun sejumlah prasarana pengendali banjir pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Bogowonto dan Serang.

Kepala BBWS Serayu Opak Kementerian PUPR Dwi Purwantoro mengatakan, dukungan infrastruktur dilakukan secara terpadu mulai dari perbaikan/normalisasi badan sungai, peningkatan kapasitas sungai, pembangunan sistem drainase, sodetan, kolam retensi, pengadaan pompa banjir. Selain itu pembangunan penahan penampung air sepanjang sungai (longstorage) serta pekerjaan double jetty di muara Sungai Bogowonto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Arab Saudi Tangkap Warganya yang Bicarakan Perang Hamas-Israel di Media Sosial

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement