Advertisement

Truk Bermuatan Jagung Terperosok Jurang di Ngawen Gunungkidul

David Kurniawan
Senin, 30 Januari 2023 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Truk Bermuatan Jagung Terperosok Jurang di Ngawen Gunungkidul Seorang pekerja sedang memindahkan jagung dari truk yang terlibat kecelakaan tunggal di Tanjakan Bundelan di Kalurahan Jurangjero, Ngawen. Senin (30/1/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sebuah truk yang penuh dengan muatan jagung berpelat nomor AD 1395 JM terperosok jurang sedalam sepuluh meter di Tanjakan Bundelan di Kalurahan Jurangjero, Ngawen, Minggu (29/1/2023) malam. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini karena sopir dan kernet dapat menyelamatkan diri.

Kapolsek Ngawen, AKP Harjiyanto mengatakan, kecelakaan tunggal terjadi saat truk penuh muatan jagung yang dikendarai Daryono,27, asal Sragen Jawa Tengah bersama dengan kernetnya melaju dari arah Ngawen menuju Cawas, Klaten, Jawa Tengah. Sesampainya di Tanjakan Bundelan, sopir sudah mengantisipasi dengan memakai gigi satu karena jalan menurun tajam.

Advertisement

Meski demikian, upaya melewati jalur ini tidak berjalan lancar. Pasalnya, saat menuruni di tikungan pertama, truk mulai hilang kendali.

Sopir sudah berusaha mengerem, tapi lajunya tidak bisa melambat. Di dalam kondisi ini, Daryono memutuskan membanting stir ke kanan. Truk baru berhenti setelah menabrak pagar pembatas dan terperosok di jurang sedalam sepuluh meter.

Baca juga: Tawuran Geng Pelajar Pecah di Jalan Kertodiningrat Kulonprogo

“Memang sarat muatan karena membawa jagung seberat sepuluh ton,” kata Harjiyanto kepada wartawan, Senin (30/1/2023).

Ia memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Sopir dan kernet dapat menyelamatkan diri dan tak mengalami luka apa pun.

“Hanya kerugian material. Dikarenakan masuk jurang truk mengalami kerusakan dan diperkirakan mencapai Rp30 juta,” katanya.

Menurut dia, upaya evakuasi baru dilaksanakan mulai Senin pagi. Sejumlah pekerja terlihat memindahkan muatan jagung ke truk yang lain.

“Ya kejadiannya malam, jadi tidak bisa langsung dievakuasi. Sekarang juga sedang upaya mengangkat truk dari lokasi terguling,” ungkapnya.

Salah seorang warga di sekitar Tanjakan Bundelan, Wartini mengaku heran karena ada truk yang sarat muatan nekat melaju lewat jalur Bundelan yang dikenal memiliki tingkat kemiringan ekstrem. “Untungnya kedua sopir bisa selamat, meski terjadi kecelakaan tunggal,” katanya.

Kecelakaan ini menjadi tontotan warga karena penasaran ingin melihat kejadian tersebut. Untuk pengamanan, petugas Poslek Ngawen juga sudah memasang garis polisi di sekitar lokasi.

“Sekarang masih proses evakuasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Jogjapolitan | 51 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mobil Mewah Harvey Moeis Disita Kejagung, Kali Ini Ferrari dan Mercy

News
| Jum'at, 26 April 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement