Advertisement

Cegah Abrasi, 5.000 Mangrove Ditanam di Baros

Yosef Leon
Minggu, 26 Februari 2023 - 13:27 WIB
Sunartono
Cegah Abrasi, 5.000 Mangrove Ditanam di Baros Penanaman Mangrove di Pantai Baros. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pesisir selatan termasuk Kawasan yang rentan terkena abrasi sehingga program sabuk hijau harus terus digalakkan. Salah satunya melalui penanaman mangrove yang berada di Dusun Baros Tirtohargo, Kretek, Bantul.

Lurah Tirtohargo, Kretek, Bantul Sugiyamta menjelaskan penanaman Mangrove itu merupakan kerja sama Corporate Social Responsibility dengan PT Tripatra Engineers and Constructors. Harapannya keberadaan Mangrove menjadi solusi dari persoalan abrasi maupun erosi. Mangrove dikenal merupakan tumbuhan dengan kerapatan akarnya yang mengikat lahan atau tanah berlumpur sekaligus menjadi pemecah gelombang saat kalau terjadi tsunami.

Advertisement

BACA JUGA : Ini Kendala Pengembangan Hutan Mangrove di Bantul

"Tentu kami berterimakasih ada pihak yang sudah memperhatikan Dusun Baros dengan menanam mangrove yang sangat bermanfaat terutama bagi masalah abrasi, erosi. Selain itu kegiatan menanam mangrove bisa memperbaiki kerusakan hutan mangrove,” katanya dalam rilism Sabtu (25/2/2023).

Finance & Commercial Director Tripatra Engineers and Constructors Benny Joesoep menambahkan upaya penanaman kembali mangrove di Dusun Baros merupakan komitmen untuk berkontribusi dalam melestarikan lingkungan di Indonesia.

“Kami telah dan secara rutin menanam bibit pohon di berbagai lokasi. Salah satu lokasi yang kami pilih adalah Dusun Baros, di mana hari ini kami akan melakukan penanaman 5.000 bibit mangrove,” katanya.

Penanaman pohon turut mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi emisi karbon serta mencegah perubahan iklim. Ia berharap kegiatan itu menjadi inspirasi bagi bagi berbagai pihak untuk menjaga lingkungan di tempat lain.

BACA JUGA : Indahnya Wisata Paling Ujung Kulon Jogja, Mangrove Pantai

“Kelestarian Mangrove menjadi harapan bagi masyarakat, bahkan bagi dunia karena mangrove memiliki kemampuan menyerap karbon yang jauh lebih unggul jika dibanding tanaman lain sehingga Indonesia bisa selalu menjadi paru-paru dunia,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dampak Serangan Israel ke Iran, Harga Minyak Melonjak

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement