Advertisement

Jalan di Depan Pasar Ngawen Rusak Melulu, Ternyata Ini Penyebabnya

David Kurniawan
Senin, 13 Maret 2023 - 16:47 WIB
Arief Junianto
Jalan di Depan Pasar Ngawen Rusak Melulu, Ternyata Ini Penyebabnya Tambalan aspal di jalan yang ada di depan Pasar Semin, Ngawen, Gunungkidul, Senin (13/3/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul memastikan jalan kabupaten yang rusak di depan Pasar Ngawen di Kalurahan Kampung, Ngawen sudah ditambal.

Meski demikian, upaya perbaikan tidak hanya dengan cara menambal karena juga ada rencana pembuatan saluran air di kawasan tersebut.

Advertisement

Kepala DPUPRKP Gunungkidul, Irawan Jatmiko mengaku sudah membuat kajian terkait dengan kerusakan jalan di depan Pasar Ngawen. Hal ini dilakukan karena kawasan tersebut merupakan tempat strategis sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di Kapanewon Ngawen.

Dia mengatakan, hasil dari kajian diketahui di kawasan pasar tidak ada saluran pembuangan air. Ketiadaan drainase membuat air meluap ke jalan sehingga merusak aspal dan menyebabkan terjadinya lubang di beberapa titik. “Sudah diperbaiki dengan cara ditambal,” kata Irawan kepada wartawan, Senin (13/3/22023).

BACA JUGA: Ribuan Warga Bantul Demo Jalan Rusak Patuk Dlingo

Menurut dia, penambalan merupakan solusi jangka panjang. Ke depannya, DPUPRKP akan meningkatkan stuktur jalan agar lebih awet. “Tentunya akan dibuatkan drainase terlebih dahulu. Kalau tidak dibuatkan saluran, maka diperbaiki beberapa kali tetap akan rusak karena air masuk ke jalan dan berpotensi merusak aspal,” katanya.

Untuk proses perbaikan permanen akan diusulkan dalam APBD Perubahan 2023. Adapun prosesnya tidak hanya ditangani oleh bidang Bina Marga, tetapi melibatkan sektor lain seperti Cipta Karya. “Jadi tidak sendiri-sendiri bisa lintas bidang sehingga penanangan bisa lebih optimal,” katanya.

Senada, Sekretaris DPUPRKP Gunungkidul, Putro Sapto Wahyono mengatakan kerusakan jalan di depan Pasar Ngawen sudah diperbaiki dengan cara ditambal. “Ini baru jangka pendek. Rencananya akan diperbaiki secara permanen dan sekarang masih dalam proses pengusulan,” katanya.

Dia mengungkapkan, untuk perbaikan swakelola dialokasikan anggaran sekitar Rp3 miliar. Namun demikian, Putro menegaskan bahwa pagu tidak hanya dipergunakan pemeliharan jalan, tetapi juga perbaikan talut. “Ya kalau ada jalan rusak dan masuk sekala prirotas, maka ditangani dengan anggaran swakelola ini,” katanya.

Salah seorang warga Kalurahan Kampung, Ngawen, Purwanto mengatakan, jalan rusak di depan Pasar Ngawen sudah diperbaiki dengan cara ditambal. Adapun pelaksanaannya sudah dilakukan sekitar empat hari yang lalu oleh tim dari DPUPRKP Gunungkidul. “Yang digarap khusus yang berlombang dengan cara ditambal,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jaksa Ungkap Ada Uang Rp2,01 Miliar dari SYL ke Rekening Penitipan KPK

News
| Selasa, 25 Juni 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement